15 Contoh Hewan Mollusca dan Ciri-Cirinya

3 min read

kerang hijau

Kali ini penulis akan menjelaskan mengenai contoh hewan mollusca sebagai lanjutan dari artikel sebelumnya, yakni tentang jenis hewan berbadan lunak dan jenis nama latin hewan.

Apa itu mollusca?

Serta apa saja ciri-ciri hewan mollusca?

Nah untuk itulah artikel kali ini penulis sampaikan. Hal ini ditujukan untuk membantu serta menjawab pertanyaan-pertanyaan kita.

Mari langsung saja kita bahas lengkap.

Pengertian Hewan Mollusca

contoh hewan molluscaHewan mollusca adalah kelompok hewan yang memilki sifat triploblastik slomata dan invertebrata yang memiliki struktur tubuh lunak dan multiseluler.

Kata mollusca berasal dari bahasa latin yakni molluscus yang berarti lunak. Filum mollusca adalah jenis hewan triploblastik selomata yang bertubuh lunak.

Di dalamnya ada yang termasuk hewan lunak dengan cangkang maupun tanpa cangkang, seperti halnya contoh hewan berbadan lunak di bawah ini.

Hewan mollusca artinya merupakan hewan yang memiliki bentuk dan struktur tubuh lunak atau hewan berbadan lunak.

Ciri-Ciri Hewan Mollusca

contoh hewan mollusca

  • Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang.
  • Memiliki sistem syaraf berupa cincin syaraf.
  • Organ ekskresi berupa nefridia.
  • Habitatnya di air maupun darat.
  • Merupakan hewan triploblastik selomata.
  • Struktur tubuhnya simetri bilateral.
  • Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.

Klasifikasi Mollusca

contoh hewan molluscaFilum mollusca terbagi menjadi tujuh kelas yakni, antara lain:

  1. Amphineura (cangkang)
  2. Gastropoda (berjalan menggunakan perut)
  3. Scaphopoda (cangkang berbentuk seperti taring/tanduk)
  4. Cephalopoda (alat gerak dikepala berupa tentakel)
  5. Bivalvia (kaki pipih dan tubuh simetri bilateral)
  6. Monoclaphopora
  7. Pelecypoda

Nah bagian kalian yang ingin mengetahui lengkap mengenai ikan pemakan lumut silahkan klik artikel lain kami: 11 Jenis Ikan Pemakan Lumut dan Alga

Contoh Hewan Filum Mollusca dan Nama Latinnya

  1. Cumi-Cumi (Loligo Sp)

cumi-cumiContoh kelompok hewan moluska yang pertama adalah cumi cumi. Cumi merupakan hewan berbadan lunak atau biasa disebut mollusca yang hidup di air.

Hewan ini juga termasuk kelompok hewan cephalopoda, karena kaki cumi-cumi terletak di kepala yang dikenal sebagai tentakel.

Hewan berbadan lunak tidak mempunyai tulang luar maupun tulang dalam, sehingga untuk bertahan untuk bertahan dari hewan pemangnsanya cumi-cumi ini mengeluarkan tinta sama halnya dengan gurita.

  1. Gurita (Octopada)

guritaGurita adalah salah satu hewan yang termasuk dalam jenis kelompok hewan berbadan lunak atau disebut mollusca.

Hewan ini merupakan hewan yang berhabitat atau tempat hidupnya di dasar laut.

Gurita sendiri termasuk kelompok atau kelas cephalopoda, yang hidup dengan terumbu karang yang menjadi tempat hidup atau habitat utamanya.

Saat ini banyak sekali bahkan sering sekali kita menjumpai restoran-restoran besar yang menyajikan gurita ini sebagai menu utamanya.

  1. Kiton (Chiton Sp)

kitonKiton memiliki nama latin chiton sp adalah salah satu hewan yang hidup di air serta termasuk ke dalam kelas polyplacophora.

Hewan ini sering di jumpai melekat di sebuah batu karang, dan jika disentuh justru hewan ini akan semakin melekar erat pada karang tersebut.

Rumput laut dan mikro organisme yang terdapat pada batu karang menjadi makanan dari kiton ini.

Hewan ini memiliki bentuk tubuh oval, pipih dan tubuhnya dilindungi dengan delapan keping cangkang yang tersusun seperto halnya genting di atap rumah.

  1. Siput (Gastropoda)

contoh hewan mollusca siputSiput adalah salah satu hewan yang masuk ke dalam anggota kelompok kelas mollusca gastropoda.

Hewan ini memiliki cukub banyak jenis, salah satunya yakni jenis siput yang tidak mempunyai cangkang.

Siput tanpa cangkang atau siput telanjang dapat kita jumpai hampir di seluruh penjuru Indonesia, terutama di daerah pedesaan yang habitatnya masih terjaga.

Meskipun memiliki tubuh yang sangat lunak, akan tetapi siput ini sangat rentang terhadap predator dan mangsanya.

  1. Bekicot (Helix Apsersa)

begicotJenis hewan mollusca berikutnya adalah bekicot. Bekicot merupakan contoh hewan mollusca yang dapat dimakan.

Bekicot atau begicot termasuk kedalam kelompok kelas gastropoda dan memiliki rumah yang berbentuk spesialis.

Memiliki perut yang berfungsi sebagai kaki untuk merayap. Bekocot ini mempunyai tentakel dan mata.

Habitat hewan ini hidup di lumut air tawar ataupun di darat. Pada bekicot memiliki kelamin yang terpisah atau disebut dengan hermafrofit.

  1. Kerang Darah (Anadara Granosa)

kerang darahKerang darah adalah salah satu jenis kerang yang habitat hidupnya di daerah teluk pasifik. Kerang jenis ini bisa kita jumpai dengan mudah ditemukan tinggal di bebatuan.

Jenis kerang ini memiliki bagian tubuh bercangkang putih serta memiliki warna kecoklatan dan bergaris.

Bagi yang menderita darah rendah, kerang ini sangat direkomendasikan sebagai penambah darah.

Kerang darah ini merupakan jenis yang paling mudah untuk didapatkan di pasaran. Kerang ini memiliki kerang ini berwarna oranye dan abu-abu.

  1. Kerang Hijau (Perna Viridis)

kerang hijauJenis kerang lainnya yang termasuk kedalam jenis hewan berbadan lunak (filum mollusca) adalah kerang hijau.

Kerang ini memiliki cangkang halus serta tidak memiliki warna putih. Jenis kerang ini juga mempunyai nama lokal yang berbeda-beda.

  1. Kerang Tiram (Bivalvia/Pelecypoda)

kerang tijramKerang tiram adalah jenis kerang yang mempunyai bentuk cangkang yang cenderung pipih dan mengandung kapur.

Habitat mollusca yang satu ini dapat kita jumpai di pesisir pantai.

Jenis ini juga memiliki cangkang keras seperti batu karang. Kerang ini mempunyai kandungan kalsium, vitamin A dan vitamin B yang baik untuk tubuh dan rendah energi.

  1. Kerang Bulu (Anadara Pilula)

kerang buluKerang bulu merupakan kerang yang memiliki bentuk hampir mirip dengan kerang dara. Kerang ini memiliki cangkang bergaris dan berbentuk cembung melebar.

Pada cangkang tampak memiliki bulu-bulu hitam kecil. Kerang ini aman dikonsumsi dengan catatan harus dibersihkan dengan maksimal. Kerang ini banyak diolah menjadi gulai agar terasa lebih nikmat.

  1. Lorjuk atau Kerang Bambu (Solen Grandis)

contoh hewan mollusca lorjuk atau kerang bambuKerang ini mempunyai cangkang yang sama persis layaknya garis bambu. Panjang pada kerang ini sekitar sebesar ibu jari orang dewasa.

Pada bagian daging memiliki warna putih yang mirip dengan daging udang. Kerang ini mudah ditemukan di perairan Madura yang dikenal dengan nama Lorjuk. Rasa daging pada kerang ini sangat gurih dan ada sensasi rasa manis.

  1. Kerang Simping (Pectinidae)

kerang simping Pada kerang simping diketahui memiliki bentuk pipih. Pada bagian cangkang memiliki warna putih kecoklatan.

Kerang ini merupakan bahan utama aneka ragam kerajinan. Daging kerang simping ini memiliki tekstur yang kenyal dan padat. Di daerah Gresik kerang ini banyak diolah menjadi kerupuk.

  1. Kerang Kepah (Polymesoda Erosa)

contoh hewan mollusca kerang kepahKerang ini banyak ditemukan di sungai-sungai besar dan juga kawasan hutan mangrove.

Kerang kepah mempunyai cangkang yang berbentuk piring dan cembung di bagian tengahnya. Kerang kepah dapat dinikmati dengan cara ditumis.

  1. Sotong (Sepiida)

contoh hewan mollusca sotong Selanjutnya yang termasuk contoh hewan mollusca adalah sotong. Banyak orang mengira Sotong sebagai cumi-cumi, karena bentuknya sekilas memang mirip cumi-cumi.

Meski terlihat sama, akan tetapi cumi-cumi dan sotong sendiri sangatlah berbeda. Sotong merupakan hewan berbadan lunak yang hidup di sungai, laut, maupan danau.

Sotong adalah hewan berbadan lunak yang memiliki tubuh pipih sedangkan cumi-cumi lebih ke silinder.

  1. Dentalium Sp (Scaphopoda)

contoh hewan mollusca dentalium spYang termasuk macam-macam hewan yang terakhir adalah dentalium sp. Hewan berbadan lunak atau mollusca yang terkahir ini mirip dengan gading gajah.

Oleh sebab itu hewan ini lebih dikenal dengan sebutan siput gading gajah.

Hewan ini memiliki kisaran ukuran tubuh biasanya 2,5 hingga 5 cm. Habitatnya sendiri hidup dengan membenamkan diri pada sebuah subrat pasir atu lumpur yang bersih di laut dangkal.

Gambar hewan mollusca

­_

Nah itu tadi pembahasan yang dapat penulis sampaikan mengenai contoh hewan mollusca. Semoga apa yang disampaikan penulis kali ini dapat memebantu serta dapat dijadikan sebagai referensi kedepannya.

Sekian Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *