Pengertian dan Contoh Simbiosis Amensalisme

4 min read

contoh simbiosis amensalisme

Halo sobat jendral, ketemu lagi dengan kita nih. Kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian dan contoh simbiosis amensalisme.

Bagi kalian yang masih di bangku sekolah tentunya sudah mengetahui tentang simbiosis bukan. Akan tetapi taukah kalian ada berapa macam jenis simbiosis ini dan apa pengertiannya.

Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan mengenai apa yang sudah kita sebutkan di atas. Yuk langsung saja kita cek dibawah.

Pengertian Simbiosis Amensalisme

fitoplanktonArti simbiosis amensalisme adalah suatu interaksi atau hubungan antara dua organisme, yang merugikan salah satu organisme sedangkan organisme yang lain tidak dirugikan ataupun diuntungkan.

Amensalisme ini berbeda halnya dengan simbiosis mutualisme yang menguntungkan kedua belah pihak.

Sedangkan pada simbiosis amensalisme salah satu organisme yang dirugikan, sementara pihak lainnya tidak akan dirugikan maupun diuntungkan karena adanya keberadaan organisme lainnya.

Contoh Simbiosis Amensalisme

contoh simbiosis amensalismeBerikut ini merupakan hewan yang mengalami simbioisis amensalisme, anatara lain:

  • Brokoli dengan Kubis
  • Jamur Penicillium sp dengan Bakteri Gram Positif
  • Lamtaro dengan Gandum
  • Rumput Teki dengan Tumbuhan lainnya
  • Gulma dengan Tanaman Produksi
  • Lantana dengan Gulma Anggur
  • Pohon Walnut dengan Tumbuhan lainnya
  • Pohon Pinus dengan Tumbuhan lainnya
  • Dinoflagellata dengan Fitoplankton

Dibawah ini penjelasan mengenai hubungan antara organisme di atas:

  1. Contoh Simbiosis Amensalisme antara Brokoli dengan Kubis

simbiosis amensalismeBrokoli adalah salah satu jenis sayuran yang mempunyai begitu banyak manfaat.

Salah satu manfaatnya adalah brokoli dapat mencegah pertumbuhan dari jamur verticillium yang mengakibatkan tanaman menjadi layu dengan senyawa residunya.

Senyawa tersebut juga berlaku pada sayuran kubis. Jika senyawa itu terkena pada kubis, maka sayuran ini akan menjadi cepat usuk.

Sehingga sangat tidak dianjurkan apabila menyimpan brokoli dan kubis dalam satu tempat yang saling berdekatan, dikarenakan dapat merugikan pihak kubis dengan senyawa residu milik brokoli.

  1. Hubungan antara Jamur Penicillium Sp dengan Bakteri Gram Positif

simbiosis amensalismeTerdapat berbagai macam jenis jamur serta memiliki kandungan berbeda-beda, terdapat jamur yang menguntungkan dan ada juga jamur yang merugikan tanaman lain. Salah satu jenisnya adalah jamur penicillium sp.

Jamur penicillium sp merupakan jenis jamur yang biasa digunakan dalam bioteknologi modern seperti pada zaman sekarang ini.

Jenis jamur ini adalah salah satu jamur yang bermanfaat bagi manusia dalam pengembangan antibiotik. Jamur ini dapat diolah menjadi antibiotik untuk manusia.

Namun, jamur ini juga dapat membunuh atau menghentikan pertumbuhan bakteri gram positif yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit bagi manusia.

Meskipun hubungan antara jamur penicillium sp dengan manusia merupakan simbiosis komensalisme.

Sehingga hubungan antara jamur penicillium sp dengan bakteri gram positif termasuk dalam contoh simbiosis amensalisme.

  1. Hubungan antara Lamtaro dengan Gandum

simbiosis lamtaro dan gandumTumbuhan lamtoro (kemladingan) adalah salah satu tanaman yang dapat ditemukan dilingkungan sekitar kita. Tanaman ini memiliki manfaat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Gandum (Triticum sp) merupakan kelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat.

Namun, Lamtaro juga dapat merugikan tanaman lain. karena tumbuhan ini menggunakan sistem tumpang sari pada beberapa tanaman, seperti gandum atau kunir.

Sehingga dapat menyebabkan berkurangnya hasil panen gandum atau kunir. Sebaliknya hal ini tidak berlaku bagi tanaman jagung dan padi, kedua tanaman ini justru meningkatkan hasil panennya.

  1. Simbiosis Amensalisme Rumput Teki dengan Tumbuhan Lainnya

simbiosis rumput tekiHubungan antara rumput teki dengan tumbuhan disekitarnya jua termasuk ke dalam contoh simbiosis amensalisme. Rumput teki atau sering juga disebut dengan suket teki adalah termasuk tumbuhan yang sangat subur.

Mereka akan semakin tumbuh dan bereproduksi secara cepat dalam satu wilayah, sehingga tidak heran jika pada suatu pekarangan rumah atau lahan yang luas terdapat banyak suket teki.

Hal ini disebabkan oleh suket teki mengeluarkan senyawa yang beracun. Senyawa tersebut akan mengakibatkan tumbuhan di sekitarnya akan mengalami hambatan dalam perkembangan dan pertumbuhan.

Selain itu, suket teki juga akan mengambil unsur hara lain di dalam tanah yang ditempati tumbuhan lain. Sehingga tanaman lain akan mengalami kekurangan nutrisi yang berguna dalam proses fotosintesis.

  1. Contoh Simbiosis Amensalisme antara Gulma dengan Tanaman Produksi

contoh simbiosis amensalismeTernyata tidak hanya pohon walnut, akan tetapi tanaman gulma juga dapat mengeluarkan senyawa alelopati.

Dimana berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, alang-alang merupakan tanaman gulma memiliki senyawa alelopati paling kuat.

Sehingga kita tidak akan kaget apabila alang-alang memiliki kecepatan perkembangan yang sangat cepat dibanding tumbuhan sekitarnya.

Tidak hanya itu, jika tumbuhan ini tidak cepat dikendalikan pertumbuhannya, akan mengakibatkan penurunan hasil panen.

Contohnya adalah pohon jambu yang berdekatan dengan gulma, pohon jambu ini tidak akan menghasilkan buah yang lebih banyak dari pohon jambu pada umumnya.

Kenapa?

Karena gulma akan mengambil air, mineral serta unsur hara, ruang tempat dan efektifitas cahaya matahari.

Hubungan diantara keduanya yang mengeluarkan zat berbahaya adalah tanaman gulma, sehingga tanaman sekitarnya mengalami kerugian dari zat tersebut.

  1. Hubungan antara Lantana dengan Gulma Anggur

contoh simbiosis amensalismeLantana merupakan kelompok tanaman berbunga yang termasuk dalam family verbenaceae. Tanaman ini dapat kita jumpai di daerah tropis Amerika dan Afrika.

Sama seperti beberapa tanaman gulma yang sudah dijelaskan di atas, lantana juga menghasilkan senyawa alelopati yang memberikan dampak buruk bagi pertumbuhan gulma anggur.

Walaupun gulma anggur merupakan tanaman yang merugikan. Namun, gulma tersebut kalah dengan senyawa yang dihasilkan oleh lantana yang memiliki efek lebih kuat dibandingkan gulma anggur.

Sehingga hubungan antara lantana dengan gulma anggur termasuk dalam contoh simbiosis amensalisme.

Hal ini disebabkan oleh tanaman lantana yang menghasilkan senyawa kimia tidak merasa diuntungkan maupun dirugikan pada hubungan ini, sementara gulma anggur dirugikan karena senyawa yang dimiliki tanaman lantana tersebut.

  1. Contoh Simbiosis Amensalisme Pohon Walnut dengan Tumbuhan Lainnya

contoh simbiosis amensalismePohon walnut merupakan tumbuhan yang menghasilkan kacang walnut, yang pada saat ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Meskipun menguntungkan bagi manusia, tetapi keberadaan pohon walnut dapat merugikan bagi tanaman lainnya.

Kenapa hal ini dapat terjadi? Jawabannya sebenarnya simpel saja, karena  pohon walnut mempunyai senyawa alelopati sama seperti tumbuhan-tumbuhan diatas.

Tujuan dari tanaman walnut mengeluarkan senyawa alelopat adalah untuk mendapatkan nutrisi yang bagus dan berkompetisi dengan tanaman yang berbeda di sekitarnya.

Karena itulah, hubungan antara pohon walnut dengan tanaman disekitarnya hanya menguntungkan untuk dirinya sendiri.

Namun, untuk tumbuhan lainnya akan mengalami hambatan dalam proses perkembang biakan, sebab adanya senyawa tersebut.

  1. Simbiosis Amensalisme antara Pohon Pinus dengan Tumbuhan Lainnya

contoh simbiosis amensalismePohon pinus merupakan pohon yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. diantaranya ialah:

  • Pembuatan kertas berbahan dasar kayu
  • Seratnya dapat menguatkan kertas saat dicampur pada bahan kimia tertentu
  • Sebagai obat untuk berbagai macam penyakit
  • Hasil kayunya memilki banyak manfaat. seperti, korek api, pulp, dan kertas panjang

Akan tetapi, pernahkah anda melihat tumbuhan yang dapat tumbuh disekitar pohon pinus?

Hal ini tidak akan mungkin terjadi, sebab pohon pinus juga mengeluarkan senyawa alelopati (senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan).

Jadi, saat kita temui dalam satu lahan yang luas hanya ditumbuhi atau ditanam pohon pinus saja, maka tanaman lain tidak bisa tumbuh didekatnya, kecuali rerumputan saja.

Selain sebagai penghambat pertumbuhan tumbuhan disekitarnya, senyawa alelopati juga berfungsi untuk mempertahankan diri dari serangan patogen tanaman yang dapat merugikannya.

  1. Simbiosis Amensalisme antara Dinoflagellata dengan Fitoplankton

fitoplanktonDinoflagellata merupakan termasuk jenis mikroorganisme yang masuk dalam kelompok alga. Tetapi, dinoflagellata ini mempunyai bentuk yang sangat unik yang berbeda dengan jenis lainnya.

Bentuk dari dinoflagellata menyerupai diatome.

Dinoflagellata sering dikenal sebagai mikroorganisme uniseluler atau memiliki sel tunggal, namun dinoflagellata  ternyata mengeluarkan senyawa yang berbahaya bagi binatang lain.

Senyawa yang dikeluarkan oleh dinoflagellata berupa alelokimia yang dapat mengubah warna air laut menjadi kemerah-merahan. Hal inilah yang akan menyebabkan binatang laut menjadi terganggu karena airnya tidak mengandung oksigen yang bersih.

Nah mungkin cukup sampai disini dulu pembahasan yang dapat disampaikan penulis tentang apa itu simbiosis amensalisme?

Semoga apa yang disampaikan penulis kali ini dapat bermanfaat dan juga dapat di jadikan sebagai bahan referensi.

Sekian Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *