Contoh Simbiosis Komensalisme Beserta Penjelasannya

5 min read

contoh simbiosis komensalisme

Pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan mengenai contoh simbiosis komensalisme lengkap beserta gambarnya.

Di pertemuan sebelumnya penulis sudah menjelaskan mengenai jenis-jenis simbiosis dan juga contoh simbiosis mutualisme.

Contoh simbiosis parasitisme dan komensalisme merupakan dua jenis simbiosis yang hampir sama namun berbeda.

Nah berikut ini penulis akan menjelaskan rinciannya.

Pengertian Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah suatu bentuk hubungan antar makhluk hidup dari dua jenis yang berbeda dan menguntungan satu pihak, sedangkan pihak yang lain tidak terpengaruh (tidak diuntungkan dan juga tidak dirugikan).

Kata simbiosis diambil dari bahasa Yunani yakni “sym” yang memiliki arti “dengan” dan “biosis” yang memiliki arti “kehidupan”.

Arti simbiosis sendiri adalah sebuah interaksi atau hubungan antara makhluk hidup dari lain jenis dalam satu tempat serta waktu tertentu yang hubungannya begitu erat.

Contoh Simbiosis Komensalisme Beserta Gambarnya

Terdapat berbagai macam contoh hewan simbiosis komensalisme yang mungkin salah satunya terjadi seringkali di daerah atau lingkuungan sekitar kita.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, arti simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang mana, satu diuntungkan dan yang satu lagi tidak diuntungkan maupun dirugikan.

Berikut ini berbagai contoh simbiosis komensalisme adalah:

  1. Hubungan antara Tumbuhan Paku dengan Pohon Jati

contoh simbiosis komensalismeContoh hubungan simbiosis komensalisme yang pertama adalah antara tumbuhan paku dengan pohon jati.

Tumbuhan paku akan melekat dan menempel pada batang tumbuhan jati. Hal ini dilakukan agar tumbuhan paku dapat memperoleh cahaya matahari.

Maka dari itulah tumbuhan paku mendapat keuntungan dari hubungan tersebut yakni mendapat cahaya matahari.

Sedangkan bagi pohon jati hubungan yang dilakukan tumbuhan paku tadi tidak merubah apapun dan tidak mengambik apapun.

  1. Tumbuhan Paku Tanduk Rusa dengan Inangnya

Tumbuhan Paku Ekor Kuda (Equisetopsida)Contoh komensalisme selanjutnya adalah hubungan antara tumbuhan paku tanduk rusa dengan tanaman inangnya.

Umumnya hal yang dilakukan sama dengan hubugan antara tumbuhan paku dan pohon jati. Hubungan ini merupakan salah satu contoh simbiosis komensalisme di hutan hujan tropis.

Keuntungan yang didapat oleh tumbuhan paku sendiri adalah mendapat bahan untuk melakuakan proses fotosintesis.

Sedangkan bagi tumbuhan inangnya simbiosis ini tidak menyebabkan kerugian maupun keuntungan.

  1. Tanaman Anggrek dengan Pohon Mangga

contoh simbiosis komensalismeTanaman anggrek dan inangnya termasuk simbiosis komensalisme karena hanya menguntungkan anggrek, sedangkan inangnya yakni pohon mangga tidak mendapat kerugian serta keuntungan.

Tanaman anggrek juga umumnya sama dengan tanaman lainnya yakni menempel pada inangnya dengan tujuan untuk mendapat sinar matahari.

Tanaman anggrek sendiri  akan mendapat keuntungan dari mendapat keuntungan cahaya matahari, air dan menyerap zat anorganik dari kuli batang.

Sedangkan pohon mangga tidak mendapat keuntungan serta kerugian dari keberadaan tumbuhan anggrek.

  1. Tanaman Anggrek dengan Pohon Randu

tanaman anggrekSelain dengan pohon mangga tanaman anggrek juga menjalin simbiosis komensalisme dengan pohon randu.

Hubungan yang dilakukan anggrek dengan pohon randu sama halnya dengan yang dilakukan dengn pohon mangga.

Jenis simbiosis ini memberikan keuntungan pada tanaman anggrek, sedangkan bagi pohon randu kehadiran anggrek tidak memberikan kerugikan serta tidak memberikan keuntungan.

  1. Hubungan Antara Tumbuhan Sirih dengan Inangnya

tumbuhan sirihSelanjutnya simbiosis komensalisme terjadi pada hubungan antara tumbuhan sirih dengan inangnya.

sirih adalah salah satu jenis tumbuhan yang sering kita jumpai berada di daerah sekitar kita dan kerap kali menempel pada tumbuhan inangnya.

Keuntungan yang diperoleh sirih sendiri adalah dapat mempermudah dalam memperoleh sinar matahari untuk melakukan proses fotosintesis.

Sedangakn bagi tumbuhan yang menjadi inangnya tidak memberikan dampak apapun baik diuntungkan maupun dirugikan.

  1. Bakteri dengan Tumbuhan Kacang-Kacangan

contoh simbiosis komensalismeBakteri juga menjalin hubungan dengan jenis tumbuhan kacang-kacangan. Bakteri tersebut adalah bakteri rhizobium sp.

Umumnya bakteri ini akan tumbuh dan berkembangbiak di sel akar dari tanaman kacang-kacangan dan membentuk bintik kecil pada akar tersebut.

Keuntungan yang didapat oleh bakteri tersebut adalah dengan adanya bintik yang digunakan untuk memperoleh makanan dan nitrogen.

Sedangkan bagi tanaman kacang-kacangan tidak mendapat pengaruh dari simbiosis keduanya.

  1. Hubungan Antara Katak dengan Pepohonan

simbiosis katakHubungan antara katak dan pepohonan juga merupakan jenis simbiosis komensalisme. Katak sendiri mengambil keuntungan dengan menggunakan daun dan bagian pohon lainnya sebagai tempat untuk berteduh.

Sedangkan bagi pepohonan, hubungan ini tidak menimbulkan kerugian maupun keuntungan bagi pepohonannya.

Hubungan antara dua hewan ini merupakan contoh simbiosis komensalisme di sawah yang mungkin sering kita jumpai.

  1. Tanaman Burdock dengan Binatang

tanaman burdockBerikutnya adalah contoh simbiosis komensalisme pada tumbuhan dan juga pada hewan. Keduanya menjalin hubungan ketika tumbuhan burdock mengahasilkan biji berduri yang melekat pada bulu binatang.

Hal ini dimanfaatkan tumbuhan untuk melakuakan metode penyebaran benih untuk melakukan proses produksi.

Hubungan keduanya menguntungkan bagi tumbuhan bardock, sedangkan bagi hewan tidak menimbulkan apa-apa atau tidak terperngaruh.

  1. Contoh Simbiosis Komensalisme antara Pepohonan dengan Burung

contoh simbiosis komensalismeTumbuhan juga menjalin hubungan dengan hewan dari jenis burung, yakni pepohonan yang tinggi dan tegak.

Burung biasanya hinggap atau bisa juga menjadikan pohon sebagai tempat membangun sarang dan juga tempat tinggal.

Hal ini menguntungkan bagi burung karena menadapat tempat tinggal secara gratis, sedangkan bagi tumbuhan keberadaan dari burung tidak merubah sesuatu apapun.

  1. Ikan Remora dengan Ikan Hiu Dan Pari

ikan remora Hubungan antara keduanya terjalin saat ikan remora sering kali berenang di dekat ikan hiu, hal ini dilakukan ikan remora ini untuk mengambil keuntungan.

Keuntungan yang diperoleh ikan remora adalah dengan mengambil sisa-sisa makanan dari ikan hiu dan juga menjadikan ikan hiu sebagai penjaganya dari predator yang akan memangsanya.

  1. Simbiosis Ikan Badut dengan Anemon Laut

contoh simbiosis komensalismeIkan badut terlindung dari hewan laut lain yang mengancamnya, sedangkan anemon tidak dirugikan maupun diuntungkan dengan keberadaan ikan badut tersebut.

Ikan badut sendiri berlindung dari serangan hewan yang hendak akan memangsanya dengan cara bersembunyi di antara tentakel anemon laut.

Anemon laut sendiri merupakan tumbuhan laut yang dapat mengeluarkan zat beracun yang dapat melukai ikan lainnya.

  1. Contoh Simbiosis Komensalisme antara Udang dengan Timun Laut

simbiosis udangSimbiosis yang dilakukan keduanya adalah dengan keuntungan udang yang diperoleh karena udang menunggangi mentimiun laut.

Hal ini menguntungkan udang untuk memperoleh makan sisa, sedangkan bagi timun laut, keberadaan udang tidak merugikannya dan tidak pula memberi keuntungan.

Jenis simbiosis ini merupakan simbiosis komensalisme karena hanya menguntungkan udang sedangkan bagi timun laut tidak terpengaruh apapun.

  1. Hubugan Antara Penyu dengan Ikan Pilot

contoh simbiosis komensalismeSimbiosis komensalisme contohnya adalah antara ikan pilot dengan penyu membentuk suatu hubungan yang menguntungkan satu pihak.

Umumnya ikan pilot hidup di samping penyu untuk memperoleh sisa makanan serta memakan parasit yang ada pada penyu.

Keuntungan yang diperoleh ikan adalah dengan mendapat sisa makanan sedangkan bagi penyu keberadaannya tidak berdampak apapun.

  1. Contoh Simbiosis Komensalisme antara Bulu Babi dengan Ikan Goby

bulu babiHubungan ikan goby dengan bulu babi juga termasuk simbiosis komensalisme. Ikan goby mwnjadikan celah-celah dari bulu babi yang beracun sebagai tempat persembunyiannya.

Hal ini dilakuka ikan gopi untuk melindungi tubuhnya yang berukuran kecil dari serangan pemangsanya.

Ikan goby memperoleh keuntungan yakni perlindungan dari pemangsanya, sedangkan bulu babi yang ditumpangi tidak mendapat pengaruh baik keuntungan atau kerugian.

  1. Contoh Simbiosis Komensalisme Cacing Pipih dengan Kepiting

contoh simbiosis komensalismeInteraksi antara cacing pipih dan kepiting adalah salah satu contoh simbiosis komensalisme yang bisa ditemui di ekosistem air.

Cacing pipih akan melekat pada kepiting dengan maksud untuk memperoleh sisa-sisa makanan pada kepiting.

Cacing pipih tentu akan memperoleh keuntungan dengan mendapat makanan, sedangkan kepiting tidak dirugikan dan tidak diuntungkan.

  1. Contoh Simbiosis Komensalisme Siput dengan Kepiting Pertapa

contoh simbiosis komensalismeKepiting pertapa atau yang biasa kita sebut umang-umang merupakan contoh simbiosis komensalisme dimana satu organisme menciptakan lingkungan yang cocok untuk yang lain.

Kepiting ini hidup dalam cangkang siput yang sudah mati. Dengan adanya simbiosis ini siput sendiri tidak terpengaruh, dan kepiting mendapatkan perlindungan dari cangkang siput.

  1. Hubungan Antara Harimau dengan Serigala Emas

simbiosis harimau dengan serigalaSerigala emas (canis atau golden jackals) dan harimau merupakan dua jenis hewan karnivora, akan  keduanya tidak saling memangsa satu sama lain.

Hubungan yang terjadi antara kedua hewan ini adalah saat serigala emas yang terpisah dari rombongannya akan mengikuti harimau dari belakang.

Hal ini bertujuan agar dapat mendapatkan makanan sisa dari mangsa harimau.Hubungan diantara keduanya menguntungkan serigala emas.

Sedangkan harimau tidak terganggu sama sekali dengan keberadaan Serigala emas ini.

  1. Contoh Simbiosis Komensalisme antara Puffin dengan Kelinci

contoh simbiosis komensalismePuffin atlantik adalah salah satu jenis burung laut yang berada pada samudra atlantik. Puffin biasanya menjadikan lubang galian yang dibuat oleh kelinci sebagai tempat istrahatnya.

Hubungan antara keduanya menguntungkan puffin, sedangkan kelinci tidak dirugikan dan tidak diuntungkan sama sekali.

  1. Kumbang Besar dengan Kalajengking Tanpa Sengat

contoh simbiosis komensalismeHubungan yang terjadi antara kedua hewan ini adalah saat kalajengking tanpa sengat akan berlindung di balik sayap kumbang besar.

Hal ini bertujuan agar kalajengking mendapatkan perlindungan dari predatornya.

Hubungan ini menguntungkan pseudoscorpions, tetapi tidak dirugikan maupun diuntungkan oleh kumbang besar.

Kalajengking tanpa sengat memiliki nama lain yaitu pseudoscorpions. Hewan ini memiliki hubungan khusus dengan kumbang besar. Contoh-contoh simbiosis komensalisme memang menarik untuk dibahas

  1. Contoh Simbiosis Komensalisme antara Rayap dengan Protozoa Berflagella

contoh simbiosis komensalismeHubungan yang unik selanjutnya adalah antara rayap dengan protozoa yang memiliki flagel yang dapat ditemukan pada saluran pencernaan rayap.

Pada interaksi ini protozoa akan menjadi organisme yang mencerna selulosa yang dperoleh dari kayu dan mengubahnya menjadi senyawa karbohidrat yang lebih sederhana.

Hal ini tentunya menjadi keuntungan bagi protozoa tersebut dikarenakan ia dapat berlindung didalam tubuh rayap dan mendapatkan makanan dari sisa makanan rayap tersebut.

  1. Contoh Simbiosis Komensalisme Bakteri Pembusuk Pada Usus Manusia

bakteri pembusuk dengan manusiaContoh simbiosis komensalisme yang terdapat pada tubuh manusia adalah yakni bakteri pembusuk.

Bakteri ini berada pada usus besar manusia serta menyerap zat-zat makanan yang sudah tidak dicerna oleh tubuh manusia.

Keuntungan akan didapatkan oleh bakteri karena mendapat serapan zat-zat makanan yang sudah tidak dicerna, sementara manusia tidak mendapatkan pengaruh apapun, baik keuntungan atau kerugian.

_

Nah itu tadi penjelasan yang dapat disampaikan oleh penulis mengenai contoh dan gambar simbiosis komensalisme. Semoga apa yang disampaikan penulis kali ini dapat dijadikan sebagai referensi dan juga semoga bermanfaat.

Sekian Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *