Contoh Simbiosis Parasitisme dan Penjelasannya

5 min read

contoh simbiosis parasitisme

Pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan mengenai contoh jenis simbiosis parasitisme beserta gambar dan penjelasannya.

Umumnya simbiosis sendiri merupakan suatu interaksi antara satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya.

Secara garis besar simbiosis sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yakni simbiosis mutualisme, komensalisme dan parasitisme.

Kali ini penulis akan menjelaskan secara jelas namun dengan tulisan yang padat dan tidak bertele-tele.

Yuk kita simak!

Pengertian Simbiosis Parasitisme

simbiosis parasitismeSimbiosis parasitisme adalah suatu interaksi atau hubungan antara makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya, yang dimana menguntungkan salah satunya dan yang satunya lagi dirugikan.

Dalam kejadiannya hubungan ini merupakan simbiosis yang hampir sama dengan jenis simbiosis komensalisme.

Bedanya adalah jika dalam simbiosis komensalisme yang diuntungkan adalah salah satunya dan yang satunya tidak mengalami apapun, sedangkan pada simbiosis parasitisme terdapat kerugian dari salah satu organisme yang melakukan interaksi.

Organisme atau makhluk hidup yang diuntungkan umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan organisme yang dirugikan.

Contoh simbiosis parasitisme adalah suatu hubungan antara dua makhluk hidup yang menguntungkan salah satu dan merugikan pihak lainnya.

Contoh Simbiosis Parasitisme Beserta Gambarnya

  1. Hubungan Antara Benalu Dengan Inangnya

simbiosis parasitisme benaluContoh simbiosis parasitisme yang pertama adalah hubungan antara benalu dengan inangnya. Yang dijadikan contoh adalah simbiosis parasitisme pohon mangga dan benalu.

Hubungan ini dikatakan parasitisme karena hanya menguntungkan salah satu organisme yang bersangkutan dan merugikan salah satunya.

Benalu tersebut diuntungkan karena dapat mengambil air dan juga unsur hara lainnya dari tanaman inangnya, semantara bagi pohon mangga hal ini dirugikan Karena menghambat pertumbuhannya.

Baca juga: Macam-macam simbiosis, Pengertian dan Contohnya

  1. Contoh Simbiosis Parasitisme Antara Tali Putri Dengan Tumbuhan Inangnya

tali putri dengan inangnyaSelanjutnya adalah contoh simbiosis parasitisme pada tumbuhan, yakni antara tali putri dengan tumbuhan inangnya.

Umumnya hubungan yang dilakukan tali putri adalah dengan membelit atau melilit dan kemudian menghisap/megambil makanan dari inangnya.

Namun lama-kelamaan tumbuhan ini kemudian semakin banyak mengambil makanan dan juga sinar matahari dari tumbuhan inangnya.

Tali putri diuntungkan dengan adanya simbiosis ini, sedangkan bagi tumbuhan inangnya hal ini membuat kerugian karena sudah menganggu dan membuat pertumbuhannya terhambat.

  1. Hubungan Antara Rafflesia Arnoldi dan Inangnya

raflesia arnoldiTanaman ini termasuk dalam jenis tanaman parasit dan merupakan contoh simbiosis parasitisme di hutan yang jarang kita temui.

Raflesia arnoldi atau bunga bangkai menjalin hubungan dengan mengambil nutrisi dari batang tumbuhan inangnya (biasanya tumbuhan merambat).

Jenis simbiosis ini merupakan jenis yang menguntungkan salah satu organismenya dan merupakan contoh simbiosis parasitisme pada tumbuhan.

  1. Hubungan Alang-Alang dan Tanaman Produksi

contoh simbiosis parasitismeContoh dari simbiosis parasitisme yang keempat adalah antara alang-alang dengan tanaman produksi.

Alang-alang sendiri termasuk jenis tanaman gulma yang dibudidayakan untuk dijadikan sebagai tanaman produksi.

Tanaman produksi sendiri mengalami kerugian dengan adanya hubungan ini karena alang-alang akan mengambil air dan mineral yang seharusnya menjadi milik dari tanaman produksi.

  1. Simbiosis Kutu Daun dengan Tumbuhan

simbiosis parasitismeBerikutnya merupakan contoh simbiosis parasitisme hewan dengan tumbuhan, yakni antara kutu daun dengan berbagai jenis tumbuhan.

Kutu daun merupakan jenis hewan pemakan tumbuhan atau herbivora yang suka memakan berbagai daun dari tanaman-tanaman.

Bagi tanaman kehadiran kutu ini menimbulkan kerugian karena akan merusak daunnya. Sedangkan bagi kutu daun akan mendapat keuntungan karena mendapat makanan dari tumbuhan.

  1. Contoh Simbiosis Parasitisme Antara Lalat Buah dan Buah-Buahan

simbiosis parasitismeSesuai dengan namanya lalat buah merupakan jenis lalat yang sering hinggap dan mengelilingi buah-buhan.

Hubungan keduanya menguntungkan lalat karena mendapat tempat untuk bertelur didalam buah-buahan.

Sedangkan bagi buah-buahan kehadiran lalat justru sangat merugikan karena dapat menghambat dan juga merusak buah tersebut.

  1. Simbiosis Antara Keong Mas dan Tanaman Padi

simbiosis parasitismeBerikurnya adalah contoh simbiosis parasitisme di lingkungan sekitar yang mungkin sering kita temui, yakni keong mas dan tanaman padi.

Keong atau siput mas merupakan hewan yang menjadi hama tanaman padi yang sangat menyusahkan dan merugikan petani.

Petani sangat dirugikan dengan adanya keong yang memakan tanaman padinya hingga bisa menyebabkan gagal panen.

Sedangkan bagi keong hal ini menguntungkannya karena mendapat makanan dari tanaman padi.

  1. Hubungan Antara Cacing Tambang dengan Inangnya

cacing tambangHubungan antara cacing tambang dengan inangnya juga merupakan jenis simbiosis parasitisme. Contohnya adalah antara cacing tambang dengan manusia.

Umumnya cacing tambang yang hidup didalam usus manusia akan menyerap darah dan akan menyebabkan gejala anemia (kekurangan darah).

Hal ini tentunya merugikan manusia karena akan membuat badannya terkena penyakit, sementara bagi cacing ini akan diuntungkan karena mendapat makanan dari manusia.

  1. Contoh Simbiosis Parasitisme Antara Kutu dengan Beberapa Jenis Hewan

kutu dan hewanBerikutnya adalah hubungan atntara kutu dengan hewan yang menjadi tempat tinggalnya. Biasanya kutu ini menjadikan bulu ataupun rambut dari hewan sebagai tempat tinggalnya.

Hal ini dilakukan karena kutu ini menjadikan tubuh hewan sebagai tempat ia mencari makan dan juga menghisap darah.

Hubungan ini menguntungkan kutu karena mendapat sumber makanan dari hewan yang menjadi tempat tinggalnya.

Sementara bagi hewan yang menjadi tempat kutu ini, justru akan sangat dirugikan karena membuat tubuhnya gatal dan juga merusak bulu-bulunya.

  1. Hubungan Antara Cacing Hati dan Sapi

cacing hatiHubungan ini hampir mirip dengan hubungan manusia dengan cacing pita. Jenis cacing hati ini biasanya tinggal di dalam bagian hati dari sapi dan mengembil makanan dari sapi.

Dalam hal ini cacing hati sangat diuntungkan karena memperoleh makanan dari tubuh sapi.

Sedangkan bagi sapi hubungan ini justru membuatnya rugi karena kesehatannya tergangggu serta juga akan terserang penyakit.

  1. Hubungan Ikan Pearl dengan Timun Laut

ikan pearl dan timun lautBerikutnya ada simbiosis antara ikan pearl dengan timun laut yang merupakan contoh simbiosis parasitisme hewan yang ada di laut.

Hubungan keduanya terjalin dengan ikan pearl yang hidup dalam kloaka dari timun laut dengan cara masuk melalui anus dan barulah menuju kloaka.

Simbiosis ini menguntungkan ikan pearl karena dapat memakan jaringan pernapasan dari timun laut, sementara bagi timun laut akan dirugikan dengan adanya ikan ini dalam tubuhnya.

  1. Contoh Simbiosis Parasitisme Lintah dengan Makhluk Hidup Lain

cacing hcontoh simbiosis parasitismeatiHewan ini oleh kebanyakan orang mungkin sudah mengenalnya dengan sebutan hewan penghisap darah.

Lintah umumnya hidup di daerah yang lembab serta menempel hingga masuk kedalam tubuh makhluk hidup lainnya untuk menghisap darah.

Hubungan ini menguntungkan lintah karena mendapat makanan dengan menghisap darah, sedangkan bagi hewan yang di tempatinya akan mengalami kerugian karena sudah diambil darahnya.

  1. Kelelawar Vampir dengan Hewan Mamalia

contoh simbiosis parasitismeKelelawar vampir ini merupakan jenis hewan penghisap darah yang biasanya menghisap darah dari beberapa hewan mamalia yang dijumpainya.

Hubungan yang terjadi antara keduanya dikatakan parasitisme karena menguntungkan bagi kelelawar dan merugikan bagi hewan mamalianya.

Contoh simbiosis parasitisme hewan yang satu ini mungkin juga menjadi jenis hubungan yang sering kita jumpai di lingkungan kita.

  1. Hubungan Antara Paus dengan Teritip

contoh simbiosis parasitisme

Contoh berikuntnya adalah simbiosis parasitisme di air, yakni antara ikan paus dengan teritip. Hubungan ini menguntungkan teritip karena mendapat tempat tinggal dan juga makanan dalam tubuh ikan paus.

Sementara ikan paus akan sangat dirugikan karena adanya teritip yang menyebabkan gatal dan juga ketidaknyamanan dalam tubuh ikan paus.

Interaksi yang dilakukan ikan teritip adalah dengan berdiam di dalam tubuh ikan paus untuk mengambil sisa makanan dan menjadikan tubuhnya sebagai rumah.

Contoh simbiosis parasitisme pada ikan ini merupakan jenis simbiosis yang menguntungkan bagi ikan teritip.

  1. Jamur Panu dengan Manusia

contoh simbiosis parasitismeContoh simbiosis parasitisme pada jamur panu dan manusia merupakan hubungan yang hanya menguntungkan jamur panu.

Hal ini lantaran jamur panu memperoleh makanan dan juga tempat tinggal dari penyerapan protein yang ada pada kulit manusia.

Sedangkan bagi manusia hubungan ini justru merugikan manusia Karena akan menyebabkan penyakit gatal dan juga ketidak nyamanan.

  1. Contoh Simbiosis Parasitisme Antara Cacing Pita dengan Manusia

cacing pitaDari beberapa contoh-contoh simbiosis parasitisme lainnya hubungan ini merupakan jenis simbiosis yang sering kita jumpai.

Hubungan ini menguntungkan cacing pita, hal ini dikarenakan cacing pita mendapat makanan dari usus manusia secara gratis.

Sedangakn bagi manusia keberadaan cacing pita ini menimbulkan kerugian, karena makanan dalam tubuh manusia menjadi berkurang untuk bahan metabolisme.

  1. Hubungan Antara Kutu dan Manusia

kutu dan manusiaHubungan yang terjadi antara kutu dan manusia ini menguntungkan bagi kutu, karena memperoleh makanan dan juga tempat untuk ditinggali pada kepala manusia.

Sementara bagi manusia kutu tersebut menyebabkan kerugian, hal ini dikarenakan darah yang dimakan dan juga menyebabkan gatal-gatal bagi manusia.

  1. Hubungan Antara Nyamuk dan Manusia

contoh simbiosis parasitismeContoh interaksi makhluk hidup simbiosis parasitisme berikutnya adalah nyamuk dan manusia.

Nyamuk bagi manusia adalah salah satu hewan yang sangat mengganggu dan merupakan salah satu hewan yang menjadi penyebab penyakit demam berdarah.

Hal tersebut tentu merugikan manusia karena akan menyebabkan penyakit dan juga gatal-gatal.

Sedangkan bagi nyamuk hubungan ini justru membuatnya untung karena mendapat makanan atau darah dari tubuh manusia.

Hal ini lah yang mengacu pada simbiosis parasitisme yang besifat merugikan salah satu belah pihak yang menjalani interaksi.

  1. Contoh Interaksi Simbiosis Parasitisme Antara Tikus dan Petani

contoh simbiosis parasitismeContoh simbiosis parasistime dalam ekosistem terakhir adalah hubungan antara tikus dan juga petani.

Tikus umumnya merupakan jenis hewan pengerat yang menjadi hama pengganggu bagi petani. Hal ini dikarenakan tikus akan merusak dan memakan tanaman petani.

Hubungan ini menguntungkan tikus karena mendapat makanan dari tanaman petani, sementara bagi petani kehadiran tikus justru sangat mengganggu karena akan mambuat sawah dan juga tanamannya menjadi rusak.

_

Nah, mungkin itu tadi penjelasan yang dapat disampaikan penulis mengenai pengertian simbiosis parasitisme dan juga contohnya. Semoga apa yang disampaikan penulis kali ini dapat bermanfaat dan juga menjadi referensi kedepannya.

Sekian Terima Kasih.

 

Gambar simbiosis parasitisme.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *