11 Jenis Ikan Pemakan Lumut dan Alga

3 min read

Ikan Siamese Algae Eater (SAE)

Bagi kalian yang memiliki akuarium tentunya pasti terdapat lumut atau alga dalam akuarium anda. Nah untuk itulah kalian perlu mengetahui tentang jenis ikan pemakan lumut.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai jenis hewan berbadan lunak dan contoh hewan mollusca.

Untuk itulah artikel ini dibuat sebagai lanjutan artikel sebelumnya dan untuk membantu kita dalam mengetahu jenis ikan pemakan lumut.

Langsung saja kita bahas lengkap mengenai jenis dan macam-macamnya.

Apa Itu Lumut?

pengertian lumutLumut atau alga adalah salah satu tumbuhan yang biasa hidup di di tempat lembab atau menempel pada bebatuan yang basah.

Lumut ini menjadi masalah terbesar bagi para aquascaper atau pecinta ikan hias, karena dapat mengurangi serta membuat kotor akuarium.

Penyebab lumut ini muncul karena adanya pencahayaan yang terang terhadap akuarium. Untuk itulah ada baiknya bagi kalian para aquascaper, alangkah baiknya jika memelihara ikan pemakan lumut.

Terdapat beberapa jenis ikan pemakan lumut yang dapat membantu dalam membersihkan lumut di dalam akuarium.

Baca juga artikel terkait: Nama Latin Hewan dan Tumbuhan [LENGKAP] Beserta klasifikasinya

Jenis Ikan Pemakan Lumut Aquascape

  1. Ikan Corydoras

ikan corydorasIkan pemakan lumut aquarium yang pertama adalah ikan corydoras. Ikan yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai ikan pembersih kotoran aquascape.

Hal ini dikarenakan ikan corydoras ini suka memakan lumut dan juga alga, serta sering juga memakan sisa-sisa makanan dari ikan lain yang berada di akuarium.

Ikan corydoras ini termasuk dalam keluarga lele yang merupakan subfamily coradinae. Nama ikan pemakan lumut ini berasal dari bahasa Yunani yakni cory yang berarti helm dan doras yang berarti kulit.

Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan juga bersifat pendiam, hal ini tentunya sangat cocok jika di satukan dengan jenis ikan hias lainnya dalam akuarium.

  1. Ikan Molly

ikan mollyIkan molly pemakan alga adalah jenis ikan yang memiliki ukuran 5-10 cm ini masuk ke dalam jenis ikan pemakan ganggang.

Terdapat beberapa jenis ikan molly yang bisa dijadikan sebagai ikan pemakan lumut akuarium.

Namun black molly menjadi buruan utama karena ikan ini dinilai konsisten serta efektif dalam membersihkan ganggang, lumut dan alga dari akuarium.

Ikan molly ini mampu hidup dalam akuarium yang memiliki kapasitas minimal 75 liter air.

Akan tetapi ikan ini tidak bisa dijadikan sebagai andalan utama sebegai misi mengurangi ganggang. Karena ikan ini hanya menang dari segi fisik saja yang menawan.

  1. Twig Catfish

twig catfishTwig catfish atau whiptail memiliki nama latin farlowella acus. Ikan ini menyukai hampir semua jenis spesies alga yang ada.

Ikan ini memiliki tubuh yang berbentuk ramping serta memilki warna cokelat. Twig catfish ini mampu tumbuh hingga 20 cm.

Ikan ini mampu hidup dengan ikan lain yang cenderung memiliki sifat yang jinak. Akan tetapi jangan sampai ikan ini satu lingkungan dengan ikan siklid dan barb.

  1. Ikan Chinese Algae Eater (CAE)

ikan pemakan lumutJenis selanjutnya adalah ikan chinese algae eater. Ikan ini dapat dijadikan sebagai ikan hias pemakan kotoran aquarium namun juga dapat dijadikan sebagai ikan hias, karena memiliki warna kuning keemasan yang cantik.

Ikan ini ternasuk jenis ikan pemakan tumbuhan atau ikan herbivora, chinese algae eater ini juga suka memakan lumut dan juga kotoran akuarium.

Akan tetapi ikan ini juga memiliki kekurangan, yakni sering menganggu dan juga memakan ikan lain yang memiliki ukuran lebih kecil.

  1. Ikan Siamese Algae Eater (SAE)

Ikan Siamese Algae Eater (SAE)Selanjutnya ada ikan SAE atau selimang batu, ikan jenis ini juga sangat populer digunakan sebagai ikan pembersih dan pemakan alga serta kotoran kotoran lainnya yang ada di dalam akuarium.

Berbeda dengan ikan CAE yang bisa menyerang ikan kecil lain, ikan ini bisa dicampur dengan ikan hias kecil lain.

Namun selain menjadi ikan pemakan lumut akuarium, SAE juga memakan cacing pipih yang mengganggu di dalam akuarium yang dapat mengganggu kesehatan ikan.

  1. Ikan Siamese Flying Fox

Ikan Siamese Flying FoxIkan siamese flying fox atau silimang batang memiliki nama latin epalzeorhynchos kalopterus, merupakan ikan air tawar yang termasuk dalam famili cyprinidae alias ikan mas.

Hewan ini sering dijumpai di kawasan tropis sperti Asia Tenggara. Ikan ini memilki perawatan yang sederhana, dan juga mampu berbaur dengan ikan lain.

  1. Otocinclus Affinis (Ikan OTO)

ikan pemakan lumutJenis ikan pemakan lumut untuk aquascape yang satu ini ukurannya lebih kecil dari kedua ikan di atas, ukurannya hanya sekitar 5 cm saja. Namun meskipun ukurannya kecil, ternyata kecil kecil cabe rawit loh.

Karena ikan ini sangat tangkas dalam membersihkan akuarium dari kotoran yang membandel dan hidup di dalamnya, tentunya ikan ini sangat direkomendasikan sebagai pembersih akuarium deh.

Ikan OTO juga cinta damai, jadi bisa digabungkan dengan berbagai jenis ikan hias akuarium lainnya.

Akan tetapi untuk mendapatkannya cukup susah, karena hal inilah harganya pun lumayan mahal.

  1. Otocinclus Catfish

ikan pemakan lumutIkan pembersih akuarium yang satu ini merupakan ikan yang suka sekali memakan jenis ganggang, terutama sebagai ikan pemakan lumut hijau, hitam dan lembut.

Otocinclus catfish adalah ikan pembersih akuarium yang sangat nyaman menghuni akuarium berukuran minimal 115 liter.

Jenis ikan ini hidup berkelompok, setidaknya dalam satu kelompok terdapat 5 ekor ikan dan termasuk ikan yang kalem.

  1. Ikan Brushmouth

ikan pemakan lumutJenis ikan pembersih akuarium yang selanjutnya adalah brushmouth, yang merupakan ikan yang masih sejenis dengan ikan pleco atau sapu sapu.

Ikan ini sangatlah bagus untuk dijadikan pembersih kotoran dan alga di dalam akuarium, bahkan ikan ini sangat sering menempel di dinding dan tumbuhan yang ada di dalam akuarium.

Tentunya tingkat kebersihannya bisa terjamin, apabila memelihara ikan ini deh. Ikan ini juga menjadi ikan pemakan kotoran ikan lain.

Selain itu warna ikan ini juga cukup menarik tentunya bisa menambah keindahan akuarium kamu.

  1. Ikan Sapu-Sapu Pleco (Bristlenose Plecos)

ikan sapu sapuNama ikan pemakan lumut selanjutnya adalah ikan pleco. Di indonesia ikan ini sering disebut dengan nama ikan sapu sapu.

Ikan ini sangat dikenal sebagai ikan yang dapat memakan kotoran semisal arwana, dan sangat membantu dalam urusan kebersihan akuarium.

Sifat ikan pleco, sangat beragam ada yang aktif dan ada yang pasif, tentunya dalam menaruh ikan ini pastikan tidak sembarangan digabung dengan ikan kecil yang memiliki sifat sensitif tehdapat lingkungan sekitar.

_

Nah sampai disini dulu pembahasan kali ini tentang jenis ikan pemakan lumut kolam dan juga ikan pembersih kolam. Semoga apa yang disampaikan penulis kali ini dapat dijadikan sebagai pedoman dan juga sebagai referensi kedepannya.

Sekian Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *