17 Jenis-Jenis Kertas dan Kegunaannya

4 min read

jenis jenis warna

Jika bicara tentang kertas, semua orang pasti beranggapan bawha yang dimaksud yakni kertas putih ataupun folio bergaris bukan. Namun mungkin anda belum mengetahui bahwa ada banyak jenis-jenis kertas yang mungkin anda baru menyadarinya.

Setiap kertas memiliki ciri dan fungsi yang beragam, selain itu kertas juga memiliki tekstur serta ukuran yang berbeda beda. Beda keperluan maka beda juga kertas yang digunakan.

Dibawah ini merupakan gambar serta pengertian kertas itu sendiri. Mari kita simak dengan santuy ya.

Pengertian dan Sejarah Kertas

jenis jenis kertas
pixabay.com

Kertas adalah pengertian dari bahan yang tipis, yang dihasilkan dari serat yang berasal dari pulp dengan proses kompresi. Serat yang digunakanpun biasanya dari serat alami, yang mengandung selulosa dan hemiselulosa.

Kertas sendiri dikenal sebagai media utama untuk menulis, melukis serta mencetak dan banyak kegunaan lainnya. Sebelum kertas ditemukan, para bangsa terdahulu menggunakan loh dari lempung yaang dibakar sebagai media untuk menulis.

PT Prakerin merupakan pabrik yang memproduksi beberapa variasi kertas di Indonesia.

Jenis-Jenis Kertas Serta Ciri Cirinya

jenis jenis kertas
paper.com

Seiring berkembangnya zaman dan juga semakin canggihnya teknologi, kertas sendiri mempunyai berbagai jenis dan kegunaan yang mungkin sebagian orang baru mendengarnya.

Mari kita bahas tuntas satu persatu tentang jenis, kegunaan, dan gambar serta ukuran kertas yang terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya:

1. Art Paper

Art paper
bukalapak.com

Jenis kertas art paper merupakan kertas yang permukaannya mempunyai ciri licin dan mengkilap biasanya berwana putih namun ada juga yang berwana terang. Jenis kertas ini juga biasanya digunakan sebagai kertas foto.

Kertas ini tidak cocok sebagai media tulis, karena permukannya yang licin tetapi dapat bekerja pada tinta printer.

Biasanya kertas ini digunakan sebagai cover buku, makalah, jenis kertas untuk undangan dan juga kalender. Gramasi yang paling sering digunakan yaitu 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr, dan 150gr.

2. Kertas Buffalo – Linen

Buffalo
bukalapak.com

Kertas linen dan buffalo merupakan kertas yang hampir mirip atau sama. Ciri kertas jenis ini memiliki tekstur kertas yang cukup tebal dan mempunyai banyak jenis warna.

Tekstur gramasinya cukup tebal yakni 220 gr dan 250 gr, sehingga sangat cocok jika digunakan sebagai cover buku, agenda atau nota.

3. Kertas HVS

HVS
podobeli.com

Kertas jenis ini sering digunakan sebagai jenis kertas kerja serta fotokopi, kop surat, dan kertas untuk printer serta perlengkapan kantor.

HVS ini memiliki ciri tekstur permukaannya yang kasar dan berwarna putih, kertas ini juga dapat digunakan sebagai media tulisan tangan, baik menggunakan pulpen ataupun pensil. Gramasi yang digunakan yakni biasanya 80gsm dan 100gsm.

4. NCR Paper

NCR Paper
oxopo.com

Kertas ini sering dugunakan untuk kertas pada buku nota, kwitansi dan bukti transaksi lainnya. NCR hampir sama dengan kertas HVS, namun mempunyai banyak warna yang bermacam lain halnya dengan HVS yang hanya berwarna putih.

5. Kertas Ivory

jenis jenis kertas
importer.co.id

Kertas ivory mempunyai tekstur yang hampir sama dengan art carton, akan tetapi kertas ini hanya mempunyai satu sisi licin, sedangkan sisi yang lain tanpa coating.

Biasanya kertas ivory sering digunakan sebagai paperbag dan dos kosmetik. Selain itu jenis kertas ini juga cocok jika digunakan sebagai poster, buku agenda dan kemasan produk makanan seperti box kebab dan paper tray.

Jenis kertas ivory memiliki gramasi yang sering digunakan yakni 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr, dan 400 gr dan memiliki karakteristik yang cukup tebal.

6. Art Carton

carton
paper.com

Jenis kertas ini hampir sama seperti halnya art paper, hanya saja yang membedakan yakni gramasinya yang lebih besar.

Art karton lebih sering digunakan sebagai media cetak seperti katalog, kartu nama, cro profile, brosur dan beberapa produk cetak lainnya yang memerlukan kertas tebal. Biasanya gramasi art carton yang sering digunakan, yakni 190 gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr dan 360 gr.

7. Kertas Kalkir

jenis jenis kertas
bukalapak.com

Selanjutnya, yakni kertas kalkir. Kertas ini sering digunakan sebagai media sablon, dengan warna yang tidak berwan putih tetapi relatif gelap dan terlihat transparan seperti kertas yang tertimpa tumpahan minyak dan berukuran tipis.

8. Kertas Duplex (Coated)

duplex
pixabay.com

Kertas duplex sangat mudah dibedakan dibandingkan kertas lainnya, karena kertas ini mempunyai ciri dua sisi yang berbeda. Yaitu, bagian depan yang berwana putih dan sisi bagian belakangnya berwarna abu-abu dan cenderung gelap.

Kertas jenis ini sering digunakan sebagai box makanan, karena harganya yang terbilang murah dibanding bahan lain. Gramasi duplex yakni 250 gr, 270 gr, 310 gr, 350 gr dan 400 gr.

9. Fancy Paper

fancy paper
pixabay.com

Kertas fancy atau fancy paper merupakan jenis kertas yang mempunyai banyak ragam warna dan karakteristik. Berdasarkan corak dan cirinya fancy paper mempunyai tiga jenis, yaitu:

  • fancy paper polos, fancy paper tekstur dan fancy paper vanguard.
  • Fancy paper sering digunakan sebagai media untuk paper cutting, kartu ucapan, scrap book, kerajinan tangan, maket hias interior, arsitektur dan dan contoh material desai grafis.

Harga Fancy paper relatif mahal, karena termasuk jenis kertas premium serta memiliki nuansa mewah.

10. Kertas Concorde

concorde
pixabay.com

Kertas yang sering digunakan sebagai sertifikat, proposal, piagam serta surat penting lainnya ini, mempunyai tekstur kasar sedikit halus, serta memiliki permukaan yang timbul seperti membentuk garis.

11. Corugated Paper (Gelombang)

jenis jenis kertas
123RF.com

Berbeda dengan samson craft corrugated paper memiliki ciri yang bergelombang pada bagian tengahnya. Memiliki ketebalan yang tinggi serta berwarna coklat dan terlihat redup.

12. Craft

craft
bukalapak.com

Jenis yang satu ini memilik ciri permukaannya yang kasar dan terlihat redup serta berwarna coklat. Kertas craft merupakan kertas yang diolah dari hasil daur ulang.

Kertas ini sering digunakan sebagai bahan untuk paper bag dan amplop surat. Gramasi yang dipakai 70 gr, 80 gr, 150 gr, dan 220 gr.

13. Kertas BW/BC/Manila

jenis jenis kertas
bukalapak.com

Blues white atau kertas BW/BC merupakan jenis kertas yang karakteristiknya sama, hanya saja yang membedakannya, yakni kertas manila lebih banyak ragam warnanya.

Kertas ini sering digunakan untuk membuat kartu nama atau stofmap. Gramasi yang digunakan 10 gr, 160 gr, dan 250 gr.

14. Board Paper

Board Paper
bukalapak.com

Biasanya berwarna coklat dan kuning serta mempunyai tekstur yang tebal dan sangat kaku. Tingkat ketebalan kertas ini bervariasi mulai dari 0,4 mm sampai yang paling tebal yakni 4,3 mm.

Board paper  sering digunakan sebagai cover buku atau sebagai papan pengumuman di sekolah dan juga di kantor.

15. Jasmine Paper

Jasmine
paper.co.id

Kertas jasmine identik dengan kartu undangan pernikahan, perusahaan cetak sering menggunakan nya sebagai bahan utama.

Kertas ini terkesan mewah karena memiliki butiran gliter di permukaannya sehingga cocok jika digunakan sebagai bahan untuk undangan. Selain itu kertas ini juga cocok jika dijadikan anvelope perakantoran.

16. Stiker Vinyl

jenis jenis kertas
bukalapak.com

Jenis kertas stiker vinyl ini merupakan hasil sintetis yang punya ciri licin, mengkilap, halus, lentur dan punya lapisan lem pada bagian belakang. Kertas ini tidak mudah sobek dan terkikis hujan. Biasanya sering  digunakan untuk bagian motor, mobil, helm, dan lainnya.

17. Asturo

jenis jenis kertas
pixabay.com

Asturo mempunyai warna yang berbeda di kedua sisinya, satu sisi berwarna putih sedangkan sisi yang lainnya bisa berwarna lain yang seragam. Bisa juga satu warna solid , tetapi ada juga yang berwarna gradasi.

Kertas ini biasanya sering digunakan untuk jilid buku,kerajinan tangan, majalah dinding, serta berbagai keperluan lainnya.

For Your Information!

Di Benua Eropa ukuran kertas diadopsi sebagai standar formal pada pertengahan abad ke-20 dan baru dari sana mereka menyebar ke seluruh dunia

Kertas ukuran seri A sekarang umum digunakan di seluruh dunia selain Amerika Serikat, Kanada dan sebagian Meksiko.

Sedangkan ukuran A4 sudah menjadi ukuran standar dari surat bisnis di negara-negara berbahasa inggris seperti Australia, Selandia Baru dan Inggris yang pada sebelumnya menggunakan ukuran kerajaan Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *