9+ Jenis Kopi Kebanggaan Nusantara

5 min read

kata kata tentang kopi

Siapa sih yang tidak tau kopi? Tetapi tidak semua orang tau tentang jenis-jenis kopi bukan?

Nah oleh karena itu, kita akan membahas tentang kopi dan juga ada berapa macam sih kopi itu. Sedikit informasi untuk anda bahwa negara kita merupakan, negara nomer 4 penghasil kopi terbaik di dunia.

Oleh sebab itu kita sebagai penikmat seharusnya bangga dengan prestasi ini. Nah kali ini kita akan cari tahu?

Namun bagi kalian yang tidak suka kopi jagan khawatir, ada juga artikel lain yang membahas tentang jenis-jenis teh yang satu ini.

Simak penjelasan dibawah ini ya!

Apa Itu Kopi?

jenis jenis kopi
unsplash.com

Kopi merupakan minuman hasil dari seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk.

Kopi sendiri, merupakan salah satu komuditas di dunia yang telah dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas kopi yang umumnya dikenal, yaitu kopi Robusta (Coffe canephora) dan kopi Arabika (Coffe arabica).

Sebelum bisa diminum, kopi sendiri melalui beberapa proses panjang yakni:

  • Proses pemanenan biji kopi
  • Sortasi buah
  • Pengupasan kulit buah
  • Fermentasi
  • Pencucian
  • Pengeringan/penjemuran
  • Pengukuran kadar air
  • Pengupasan kulit kopi
  • Penyangraian

Dalam sejarah tercatat bahwa, penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat serta berenergi pertama kali ditemukan oleh bangsa Etiopia di benua Afrika kurang lebih sekitar 3000 tahun yang lalu.

Kopi kemudian terus berkembang sampai saat ini, menjadi salah satu minuman paling terkenal di dunia, yang banyak di konsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.

Selain memiliki rasa dan aromanya yang nikmat, kopi juga bermanfaat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung.

Indonesia sendiri setiap tahunnya sudah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu tin kopi.

Jenis Kopi Berdasarkan Varietasnya

jenis jenis kopi
unplash.com

Jika merujuk pada subspesies kopi. Biji kopi yang berasal dari dua tempat yang berbeda biasanya memiliki karakteristik yang berbeda, mulai dari aroma, kandungan kafein, rasa serta tingkat keasamannya.

Ciri-ciri ini biasanya tergantung pada tempat tumbuhan kopi itu tumbuh, proses produksi dan juga perbedaan genetika subspesies kopi.

Berikut kopi berdasarkan varietasnya antara lain:

Kopi Arabika

jenis jenis kopi arabika
unsplash.com

Kopi dari spesies Coffea arabica memiliki rasa yang kaya dan dianggap paling enak oleh para penikmat kopi. Kopi arabika pertama kali dikemukakan oleh Linnaeas pada tahun 1753.

Biji kopi jenis ini mempunya ciri-ciri ukuran biji kopi yang lebih kecil dibandingkan biji kopi jenis robusta, kandungan kafein yang lebih rendah, rasa dan juga aroma yang lebih nikmat serta harga yang relatif mahal.

Adapun beberapa jenis kopi arabika yang terkenal, antara lain:

  • Kopi Kolombia
  • Costa Rican Tarrazu
  • Hawaiian Kona Coffee
  • Jamaican Blue Mountain Coffee
  • Kopi Jawa (Java Coffee)
  • Mexico
  • Santos, Brazil
  • Sumatera Mandeling Dan Sumatera Lintong
  • Gayo Coffee
  • Sulawesi Toraja Kalosi
  • Tanzania Peaberry
  • Dll

Kopi Robusta

kopi robusta
unsplash.com

Robusta merupakan salah satu jenis tanaman kopi dengan nama ilmiah coffee canephora. Robusta sendiri diambil dari kata “robust” yang dalam bahasa inggris artinya kuat.

Sesuai dengan namanya biji kopi robusta memiliki cita rasa yang kuat dan cenderung lebih pahit jika dibandingkan dengan kopi arabica.

Biji kopi robusta sering digunakan sebagai bahan baku kopi siap saji dan pencampur kopi racikan untuk menambah kekuatan cita rasa kopi.

Kopi Luwak dari Indonesia dan Kape Alamid dari Filipina merupakan jenis varietas kopi robusta yang terkenal

Adapun beberapa jenis varietas kopi rubusta yang terkenal, diantaranya:

  • Kopi Lampung
  • Kopi Temanggung
  • Kopi Luwak
  • Kape Alamid

Kopi Liberika

kopi liberika
unsplash.com

Kopi liberika sendiri berasal dari Liberia, Afrika barat. Kopi liberika mampu tumbuh hingga sekitar 9 meter dari tanah.

Jenis kopi ini mempunyai ukuran daun, bunga, cabang, buah, dan pohon yang relatif lebih besar dibandingkan dengan jenis kopi arabika dan robusta. Kopi liberika ini agak rentan terhadap penyakit HV Hemileia vastratix atau penyakit karat daun.

Memiliki kualitas buah yang relatif rendah, namun kopi berjenis liberika mampu berbuah sepanjang tahun dan dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah.

Kopi liberika yang pernah didatangkan ke Indonesia, yaitu merupakan jenis yang bervarietas Ardoniana dan Durvei.

Jenis-Jenis Kopi di Indonesia

jenis jensi kopi
www.jabarpos.com

Indonesia saat ini menduduki urutan ke empat sebagai negara penghasil jenis kopi terbaik di dunia, setelah Kolombia, Vietnam dan Brazil.

Oleh sebab itu kita seharusnya bangga dengan prestasi ini, meskipun sebenarnya kita masih bisa menjadi yang terbaik nomer satu dunia.

Berikut deretan kopi kebanggan dari berbagai Nusantara:

1. Kopi Gayo

jenis kopi gayo
s.blanja.com

Kopi gayo berasal dari daerah Aceh tengah tepatnya di dataran tinggi gayo. Kopi gayo merupakan kopi jenis arabika yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia.

Kopi gayo mempunyai aroma dan cita rasa yang tinggi serta khas, tingkat keasamannya pun lebih rendah dan memiliki tingkat kepahitan yang kuat.

Dunia internasional menganugerahi Fair Trade CertifiedTM sebagai bentuk penghargaan sebagai kopi terbaik di dunia.

Menurut dunia internasional kopi gayo memiliki cita rasa paling khas serta disukai dibandingkan dengan kopi arabika yanng ditanam di tempat lain.

kopi gayo sendiri sekarang sudah mulai di ekspor ke berbagai negara, seperti Asia, Amerika dan Eropa.

2. Kopi Kintamani

kopi kintamani
rumahkopiranin.com

Sesuai dengan namanya, kopi kintamani dihasilkan dari tanaman kopi arabika yang ditanam di dtaran tinggi kintamani, lebih tepatnya di desa Kintamani, kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Kopi kintamani memiliki cita rasa yang bercampur buah, serta mempunyai aroma citrus dengan tingkat keasaman yang rendah, sehingga banyak disukai oleh para penikmat kopi.

Kopi ini merupakan salah satu dari tiga jenis kopi Indonesia yang mendapat sertifikat Indikasi Geografis dan juga sertifikat HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual).

3. Kopi Toraja

kopi toraja
4.bp.blogspot.com

Kopi toraja merupakan kopi yang dihasilkan dari daerah Sulawesi Selatan, lebih tepatnya di pegunungan toraja.

Kopi ini memiliki bentuk biji yang tidak beraturan, dan memiliki cita rasa buah dan rasa after taste atau rasa pahit yang hilang sesaat setelah diminum.

Pada dasarnya kopi toraja memiliki dua jenis kopi, yakni kopi toraja arabika dan toraja robusta, dengan cita rasa yang berbeda dan khas.

4. Kopi Jawa

kopi jawa
http://kopijawa.net

Kopi jawa terbaik dihasilkan dari pegunungan ijen Banyuwangi Jawa Timur. Kopi Jawa sendiri mulai di kenal dunia sejak abad ke 17.

Saat itu belanda mulai menanam biji kopi jawa di tanah jawa dan menjadikannya sebagai produsen penghasil kopi terbesar di dunia saat itu.

Walaupun pada dasarnya kopi sudah banyak tetapi jenis kopi jawa masih menjadi pilihan utama buat para petinggi Belanda.

Dari sekian banyak kopi yang ada di nusantara jujur saya jatuh cinta pada kopi ini.

Kopi jawa memiliki aroma tipis rempah-rempah. Karena melalui proses giling basah yang membuatnya sangat berbeda dan menarik untuk dicoba.

5. Kopi Luwak

jenis jensi kopi luwak
www.jabarpos.com

Kopi luwak merupakan seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa.

Biji kopi ini memiliki cita rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak.

Ketenaran kopi ini di kawasan Asia Tenggara sudah lama diketahui, akan tetapi baru menjadi terkenal luas di peminat kopi gourmet setelah dipublikasikan pada tahun 1980-an.

Biji kopi luwak merupakan yang termahal di dunia, harganya mencapai USD100 per 450 gram

6. Kopi Bajawa

kopi bajawa
ecs7.tokopedia.net

Karakter kopi bajawa yang khas adalah perpaduan aroma nutty dan tembakaunya. Bentuk bijinya yang  tebal dengan acidity yang seimbang menciptakan kenikmatan tersendiri.

Keunikan cita rasa dari kopi bajawa ini juga dipengaruhi oleh cara budidaya yang organik dan ditanam di tanah yang mengandung abu gunung berapi.

Bajawa merupakan sebuah kota di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Daerah ini sangat terkenal dengan perkebunan kopinya yang mendunia. Kopi yang ditanam di perkebunan tersebut yakni jenis arabika.

Setidaknya terdapat dua nama yang dikenal sebagai penghasil kopi flores terbaik, yaitu Bajawa dan Manggarai.

7. Kopi Sidikalang

kopi sidikalang
lintaskopi.com

Kopi sidikalang merupakan salah satu kopi khas nusantara yang terkenal. Kopi dari Sumatera Utara ini dikenal punya tekstur yang halus dan bercita rasa kompleks.

Mayoritas kopi di wilayah ini diolah secara kering maupun basah. Sehingga menciptakan aroma kopi yang khas dan unik. Kopi sumatera yang lain yakni Mandailing dan Lintongnihuta.

8. Kopi Wamena

kopi wamena
instagram.ffra1-1.fna.fbcdn.net

Kopi wamena mempunyai karakteristik aroma yang ringan mulai dari aroma cokelat dan floral serta ciri khas harum di setiap biji kopinya.

Banyak pendapat dari kalangan para penikmat kopi, bahwa aroma floral yang jarang ditemui ini disebabkan oleh ketinggian tanah dan cara penanaman tanpa menggunakan pestisida.

9. Kopi Lanang

kopi lanang
ecs7.tokopedia.net

Kopi dengan bentuk biji bulat dan utuh tidak terbelah dua, tidak berasal dari suatu jenis tanaman kopi tertentu.

Semua tanaman kopi baik robusta maupun arabika memiliki kemungkinan menghasilkan kopi lanang, namun kemungkinan itu tetap kecil.

Harganya menjadi begitu mahal karena kelangkaan dan proses penyortiran yang rumit. Dalam setiap satu kilogram kopi, kandungan kopi lanangnya paling hanya setengah ons.

Faktor khasiat juga turut mengatrol harga kopi ini. Banyak yang beranggapan kopi lanang dapat meningkatkan vitalitas dan stamina pria.

10. Kopi Mandailing

kopi mandheiling
miro.medium.com

Kopi mandailing atau Mandheling coffee merupakan kopi arabika yang berasal dari daerah Mandailing, Pegunungan Bukit Barisan, Sumatra utara.

Kopi ini memiliki citarasa kekentalan yang bagus, keasaman medium, rasa floral dengan akhir rasa yang manis.

Jenis Jenis Kopi Berdasarkan Cara Pembuatannya

jenis jenis kopi
unsplash.com

Kopi juga dibedakan berdasarkan cara pembuatannya sehingga menjadi minuman. Jenis minuman kopi dibagi menjadi dua, yaitu espresso based dan manual brew.

Beberap jenis espreso based yang populer, antara lain:

  1. Espresso
  2. Americano
  3. Cappucino
  4. Latte
  5. Affogato

Beberapa jenis manual brew yang populer, antara lain:

  1. Moka pot
  2. Rok presso
  3. Kopi tubruk
  4. Pour over
  5. Vietnam drip

Nah itu tadi penjelasan tentang jenis jenis kopi, mulai dari jenis varietas, jenis kopi nusantara dan juga cara penyajian kopi itu sendiri. Ternyata banyak sekali bukan. semoga dengan artikel kali ini bisa kita jadikan refrensi dan dapat bermanfaat kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *