7+ Jenis-Jenis Sayuran Dan Pembahasannya

7 min read

jenis jenis sayuran

Jenis-Jenis Sayuran – Ada yang tau gak sama jenis bahan makanan yang satu ini, makanan merupakan salah satu jenis tumbuhan yang biasa nya didominasi oleh warna hijau.

Apakah itu? Yes, sayuran!

Sayuran merupakan sebutan umum dari tumbuhan, yang biasanya mengandung kadar air tinggi. Beberapa sayuran dapat di konsumsi langsung secara mentah tanpa di masak terlebih dahulu.

Sementara sebagian lainnya harus diolah terlebih dahulu dengan cara direbus, dikukus, digoreng ataupun di tumis.

Namun terkadang banyak juga yang membuat olahan seperti sop sayuran, sayuran bening, dan lain sebagainya.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian dan jenis-jenis sayuran yang sering kita konsumsi dan juga baik untuk kesehatan.

Apa sajakah itu? Simak pembahasan berikut ini ya.

Pengertian Sayur-Sayuran

jenis jenis sayuran
pixabay.com

Sayuran itu sendiri merupakan sebutan dari kumpulan berbagai jenis tumbuhan yang mengandung kadar air tinggi dan juga dapat dimakan, mulai dari daun, batang, bunga, akar, biji atau bagian apapun dari tumbuhan, baik di konsumsi secara langsung maupun di olah terlebih dahulu.

Ada banyak sekali macam- macam sayuran yang mengandung protein dan merupakan salah satu makanan penting dan juga menjadi sumber gizi serta asupan vitamin bagi tubuh manusia.

Tentang Jenis-Jenis Sayuran

jenia jenia sayuran
pixabay.com

Sayuran sendiri dapat dikonsumsi dengan berbagai cara yang bermacam-macam, namun ada juga yang dapat di konsumsi secara langsung.

Kandungan nutrisi antara sayuran satu dengan sayuran yang lain tentunya berbeda, meskipun pada umumnya sayuran mengandung sedikit protein atau lemak, dengan jumlah vitamin, provitamin, mineral, fiber dan karbohidrat yang bermacam-macam.

Namun, seringkali sayuran juga mengandung racun dan antinutrisi seperti g-solanin, a-chaconine, enzim inhibitor (cholinesterase, protease, amilase, dsb), sianida dan sianida prekursor, asam oksalat dan banyak lagi.

Tergantung pada konsentrasi senyawa tersebut dapat mengurangi sifat dapat dimakan (edibility, palatibiity), nilai gizi, dan manfaat kesehatan dari diet sayuran. Memasak dan mengolahanya dapat mengurangi sejumlah zat tersebut.

Beberapa jenis-jenis sayuran bahkan telah diklaim mengandung zat antioksidan, anti bakteri, anti jamur, maupun zat anti racun.

Pigmen (Zat Warna) Pada Sayuran

jenis jenis sayuran
pixabay.com
  • Warna Hijau

yang ada pada daun sayuran berasal dari pigmen klorofil (zat hiaju daun). Warna menjadi hijau olive dalam kondisi asam, dan menjadi hijau cerah dalam kondisi basa.

Sejumlah asam tadi dikeluarkan dari batang sayuran dalam memasak, khususnya bila dimasak tanpa penutup.

  • Warna Kuning/Oranye

Warna ini ada pada buah-buahan berasal dari zat yang bernama karotenoid, dimana zat ini juga di pengaruhi oleh proses memasak yang normal atau perubahan pH (zat asam).

  • Warna Merah/Biru

Warna ini pada buah dan sayuran (contoh: kubis merah) adalah karena zat anthoeyanin, yang mana zat ini sensitif terhadap perubahan pH.

Baca juga https://id.wikipedia.org/wiki/Fotosintesis

Jenis-Jenis Sayuran

jenis jenis sayuran
pixabay.com

Berdasarkan bagian tubuh tumbuhan yang dapat digunakan sebagai makanan oleh manusia, sayuran dapat di kategorikan menjadi delapan jenis, yaitu sebagai berikut:

Jenis Jenis Sayuran Daun (Leaf Vegetables)

jenis jenis sayuran
pixabay.com

Merupakan bagian yang paling sering kita masukkan dalam menu masakan tiap hari, yaitu bagian daunnya. Dikatakan berkualitas bagus apabila bagian daunya segar dan utuh, tidak berlubang, dan tidak busuk.

Contoh Sayuran Daun

  1. Bayam
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Tumbuhan ini merupakan jenis sayuran hidrponik yang tersebar luas ke seluruh dunia dan berasal dari Amerika tropik.

Bayam merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunya sebagai sayuran hijau, dan merupakan sayuran dengan sumber zat besi yang penting bagi tubuh.

  1. Kubis
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Tumbuhan dengan nama ilmiah Brassica oleracea L dan berasal dari Eropa barat dan Eropa selatan, di Indonesia sendiri di kenal dengan nama kubis atau kol.

Daunnya tersusun dengan sangat rapat membentuk bulatan atau bulatan pipih, yang di sebut krop, kop atau kepala.

Disebut sebagai tanaman kelompok capitata (Capitata berarti “kepala”)

  1. Daun Pepaya
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Lalapan pendamping sambal ataupun makanan tradisional lainnya, juga sering digunakan sebagai campuran makanan seperti pecel.

  1. Sawi
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Ada 2 jenis sayuran pakcoy/sawi yang sering kita jumpai di Indonesia, yakni sayuran sawi hijau dan sawi putih. Keduanya berasal dari marga Brassica.

Baca juga: Tentang cara menanam sawi

  1. Kangkung
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Tanaman dengan nama latin Ipomoea reptans ini, hampir semua bagian tanaman kangkung dapat dikonsumsi kecuali akarnya.

Sayuran kangkung merupakan salah satu sayuran yang tersebar luas di Asia

  1. Daun Bawang
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Jenis yang paling banyak dijumpai adalah bawang daun (Allium fistulosum). Jenis lainnya adalah A.ascalonium, yang masih sejenis dengan bawang merah.

Daun bawang biasa disebut juga bawang prei.

  1. Seledri
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Mempunya nama latin Apium graveolens adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan.

Jenis Jenis Sayuran Bunga (Flower Vegetable)

jenis jenis sayuran
pixabay.com

Jenis sayuran yang sering digunakan bagian bunganya untuk di konsumsi. Magnoliophyta dan angiospermae merupakan alat reproduksi pada tumbuhan berbunga yang sering di sebut bunga ataupun kembang.

Contoh Sayuran Bunga

  1. Brokoli
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Sayuran yang masuk ke Indonesia belum lama dan kini cukup populer sebagai bahan pangan. Sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae.

Sauran brokoli sudah sejak masa Yunani kuno dibudidayakan serta berasal dari daerah laut tengah.

  1. Bunga Kol
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Tumbuhan yang termasuk kelompok botrytis dari jenis Brassica oleracea (suku Brassicaceae).

Kembang kol atau juga bunga kol mirip dengan brokoli. Perbedannya, kubis bunga memiliki kepala bunga yang teratur dengan padat dan banyak.

  1. Bunga Turi
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Turi (Sesbania grandiflora) tunbuhan yang asalnya diduga dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, dan sekarang sudah tersebar ke berbagai daerah tropis dunia.

  1. Bunga Pisang/Jantung Pisang
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Sering disebut sebagai tongkol pisang, dan merupakan bunga yang cukup terkenal dan sering digunakan sebagai bahan masakan.

Sayuran Buah (Fruit Vegetables)

jenis jenis sayuran
pixabay.com

Bagian jenis sayuran satu ini yang dimanfaatkan yakni pada bagian buahnya. Jenis sayuran buah ini biasanya dapat dikonsumsi secara langsung namun jika ingin diolah terlebih dahulu juga lebih nikmat.

Contoh Sayuran Buah

  1. Tomat
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampi Peru. Tumbuhan yang berasal dari keluarga Solanaceae, dan merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat memiliki buah berwarna hijau, kuning, dan merah.

  1. Cabai
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Sayuran yang sering digunakan sebagai campuran masakan, biasanya orang Indonesia mengolahnya sebagai sambal. Sayuran buah ini merupakan tumbuhan anggota genus Capsicum.

  1. Buncis
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Sayuran yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, buncis kaya dengan kandungan protein. Dan merupakan jenis polong-polongan.

  1. Pare
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Peria atau pare merupakan anggota suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Tumbuhan ini merupakan jenis tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India bagian barat.

  1. Mentimun
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Oleh orang Indonesia mentimun sering juga disebut timun atau ketimun, biasanya oleh sebagian orang diolah sebagai rujak namun sering juga digunakan sebagai bahan campuran olahan makanan lainnya.

  1. Terong
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Tumbuhan yang asalnya dari India dan Sri Lanka, di Indonesia terdapat dua jenis terong yakni yang berwana ungu dan hijau.

Terong sendiri masih berkerabat dengan kentang dan leunca.

  1. Paprika
jenis jenis sayuran
pixabay.com

Buah berwarna hijau, kuning, merah, atau ungu ini sering digunakan sebagai campuran bahan masakan.

Paprika biasanya mempunya rasa manis dan pedas yang mirip dengan cabai dan merupakan suku terong-terongan atau Solanaceae.

Sayuran Polong (Legume Vegetables)

jenis jenis sayuran
pixabay.com

Merupakan slah satu jenis sayuran yang dikonsumsi pada bagian biji atau polongya. Meski begitu sebagian sayuran jenis ini juga dapat dikonsumsi dengan kulitnya dan biasanya masih diolah terlebih dahulu

Contoh Sayuran Polong

  1. Kacang Panjang
    jenis jenis sayuran
    pixabay.com

    Sayuran yang memiliki nama Vigna unguiculata ssp Sesquipedalis. Sayuran kacang panjang juga dikenal dengan nama lain seperti yardlong bean, Chinese long bean, hingga asparagus bean. Biasanya tumbuh kurang lebih sepanjang 75 cm.

  2. Kedelai
    jenis jenis sayuran
    pixabay.com

    Tanaman yang sejak 3500 tahun lalu di budidayakan di Asia Timur. Kedelai atau kacang kedelai merupakan jenis polong-polongan yang meruapakan bahan dasar dari kecap, tahu, dan tempe.

  3. Kapri
    jenis jenis sayuran
    pixabay.com

    Kapri atau kacang kapri buah ini bisa digolongkan dua jenis sayuran yakni polong dan buah. Namun buah ini masuk suku polong-polongan atau Fabaceae.

  4. Kacang Merah
    jenis jenis sayuran
    pixabay.com

    Kacang merah dalam bahasa inggris disebut adzuki bean, dan merupakan sejenis kacang yang digunakan sebagai salah satu bahan masakan di Indonesia.

  5. Petai
    jenis jenis sayuran
    pixabay.com

    Tumbuhan yang tersebar luas di Nusantara bagian barat ini mempunyai nama lain mlanding, dan merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae).

Jenis Jenis Sayuran Batang (Stem Vegetables)

jenis jenis sayuran
pixabay.com

Jenis tumbuhan yang dimanfaatkan bagian batangya untuk dikonsumsi. Walau terbilang tidak banyak yang di manfaatkan namun sayuran ini terbilang cukup enak saat diolah menjadi berbagai macam masakan.

Contoh Sayuran Batang

  1. Rebung
rebung
pixabay.com

Merupakan sebutan lain dari akar/tunas bambu yang masih muda. Orang Indonesia biasanya mengolah rebung sebagai isian dari lumpia, dan juga lema makanan khas Rejang.

  1. Asparagus
asparagus
pixabay.com

Merupakan jenis spesies tumbuhan genus Asparagus, dan telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya.

  1. Kecambah
kecambah
pixabay.com

Kecambah atau toge merupakan, tumbuhan (sporofit) muda yang baru saja berkembang dari dari tahap embrionik di dalam biji.

  1. Batang Seledri
batang seledri
pixabay.com

Selain daunnya, batang seledri juga dapat dikonsumsi baik sebagai tambahan bahan masakan maupun sebagai jus.

Sayuran Umbi (Root Vegetables)

sayuran umbi
pixabay.com

Umbi itu sendiri adalah akar yang menggembung tidak beruas dan berbuku, dan merupakan bagian paling bawah tumbuhan yang dapat dikonsumsi.

Contoh Sayuran Umbi

  1. Wortel
wortel
pixabay.com

Merupakan jenis sayuran yang dimanfaatkan bagian akarnya, biasanya sering diolah sebagai jus dan aneka masakan lainnya, tetapi juga bis dikonsumsi secara langsung.

  1. Kentang
kentang
pixabay.com

Kentang awalnya datang dari Amerika Selatan, merupakan suku Solaneceae yang memiliki batang umbi yang dapat di konsumsi.

  1. Bawang
bawang
pixabay.com

Merupakan istilah umum dari kelompok genus Allium, dan merupakan anggota rempah-rempah.

Ada berbagai jenis bawang yakni:

  • Bawang merah
  • Bawang putiih
  • Bawang bombai
  • Bawang daun
  • Bawang kucai
  • Bawang prei
  1. Ubi Jalar
ubi jalar
pixabay.com

Tanaman dengan nama latin sweet potato merupakan jenis tumbuhan yang sering kita jumpa. Biasanya ubi ini sering diolah menjadi kripik atau juga aneka olahan lainnya.

  1. Bit
bit
pixabay.com

Selain daging buahnya, akar pohon bit juga dapat di konsumsi sebagai tanaman obat.

Tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae dan masih satu keluarga dengan lobak dan sayur berakar lainnya.

  1. Lobak
lobak
pixabay.com

Isi dan kulitnya berwarna putih, dan bentuknya seperti wortel. Tanaman ini berasal dari Tiongkok, dan termasuk dalam keluarga Cruciferae.

Sayuran Umbi Lapis (Bulb Vegetables)

umbi lapis
pixabay.com

Terakhir, ada sayuran umbi lapis yang dikenal dengan istilah bulbus, sayuran ini hampir sama dengan jenis sayuran umbi, hanya yang membedakan yakni struktur dari sayuran umbi ini yang berlapis-lapis.

Contoh Sayuran Umbi Lapis

  1. Bawang Merah
bawang merah
pixabay.com

Sayuran dengan nama lain (Allium cepa) dan merupakan jenis rempah-rempah, di Indonesia bawang merah sering digunakan sebagai bumbu berbagai olahan masakan.

  1. Bawang Putih
bawang putih
pixabay.com

Hampir sama dengan bawang merah tumbuhan dengan nama latin (Allium sativum) ini merupakan salah satu jenis rempah-rempah.

  1. Bawang Bombai
bawang bombai
pixabay.com

Bawang bombai (Allium cepa linn) berasal dari Asia Tengah, bentuknya hampir bulat dan biasnya berwarna putih.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis sayuran yang umumnya sering kita jumpa. Ada banyak macam sayuran lain yang tidak bisa saya sebutkan, dan hampir semua bagian tumbuhan dapat di kita konsumsi baik langsung maupun kita olah terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *