15+ Jenis Teh Terbaik Nusantara dan Juga Manfaatnya

5 min read

jenis jenis teh

Ada yang tau apa itu Teh? Serta apa aja sih jenis-jenis teh?

Nah selain kopi, teh merupakan alternatif minuman hangat yang bisa kamu minum di rumah. Daun teh memiliki begitu banyak manfaat yang dapat kamu rasakan. Kenali jenis-jenis tehnya di sini dan pilih teh mana yang akan jadi favorit kamu.

Menghirup aroma teh pada pagi hari, dapat membantu membuat pikiran kita menjadi lebih tenang.

Aroma yang dikeluarkan teh sangat membantu kita untuk rileks sejenak serta mampu meningkatkan semangat kamu.

Kamu termasuk pecinta teh atau kopi?

Apa itu teh?

teh
unplash.com

Teh merupakan minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis menggunakan air panas.

Teh yang berasal dari tanaman teh sendiri dibagi menjadi empat kelompok, yaitu:

  • Teh hitam
  • Teh oolong
  • Teh hijau
  • Teh putih.

Teh adalah sumber alami kafeina, teofilin, serta antioksidan dengan kadar lemak, dan karbohidrat atau protein yang hampir mendekati nol persen.

Cita rasa yang sedikit pahit dari teh merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.

Teh bunga yang dicampur dengan kuncup bunga melati yang disebut teh melati atau teh wangi melati, merupakan jenis teh yang paling populer di Indonesia.

Selain itu kata “teh” sendiri, sering kali digunakan untuk beberapa jenis minuman yang dibuat dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh, misalnya, teh rosehip, camomile, krisan dan jiaogulan.

Sedangkan teh yang tidak mengandung daun teh sering disebut sebagai teh herbal.

Jenis Jenis Teh di Indonesia

jenis jenis teh
unsplash.com

Teh sendiri, mempunyai beberapa jenis yang berasal dari tanaman yang sama. Namun, yang membedakan dari semua jenis teh itu sendiri, yakni proses pembuatannya.

Meskipun ada juga minuman yang disebut teh namun tidak menggunakan sedikitpun unsur dari pohon teh sendiri.

Di Indonesia sendiri memiliki banyak jenis teh yang merupakan kebaggaan bangsa, ada yang Go internasional namun ada juga yang hanya populer di Indonesia.

Berikut beberapa jenis teh yang populer di Indonesia, yaitu diantaranya:

1. Teh Hijau (Green Tea)

jenis jenis teh
unsplash.com

Teh hijau atau yang sering dikenal dengan sebutan Green Tea, merupakan teh yang dibuat dari daun teh yang hanya melalui satu kali proses penyaringan.

Daun teh yang dijadikan teh hijau pada dasarnya langsung diproses setelah dipetik. Setelah daun mengalam proses oksidasi dalam jumlah yang minimal, proses oksidasi dihentikan dengan pemanasan menggunakan cara tradisional Jepang.

Jenis teh hijau juga kaya akan antioksidan, yang berfungsi mencegah infeksi kandung kemih dan membantu melawan jenis kanker.

Selain fungsi tadi, teh hijau juga mempunyai manfaat antara lain:

  • Menurunkan kadar kolesterol total
  • Membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah
  • Mengobati perut begah
  • Mengatur suhu tubuh
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Membantu melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan kemampuan kognitif otak

2. Teh Oolong

jenis jenis teh
unsplash.com

Teh Oolong merupakan teh yang berasal dari Tionghoa. Teh ini memiliki warna hijau dan hitam, serta mempunyai cita rasa yang pahit namun akan meninggalkan rasa manis setelah di minum.

Teh ini diproses dengan cara semi fermentasi serta dibuat menggunakan bahan baku khusus, yaitu varietas tertentu seperti Camelia sinesis yakni sinsesi yang memberikan aroma khusus.

Tergolong sebagai teh semi fermentasi, karena proses pengolahan dan pembuatan teh Oolong berada dianntara teh hijau dan teh hitam.

Daun teh Oolong sendiri diambil dari 3 daun teh teratas, yang dipetik tepat pada waktunya, yaitu pada saat tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua.

Manfaat jika mengkonsumsi teh Oolong:

  • Mencegah berbagi oenyakit
  • Kadar kolesterol jahat yang lebih rendah
  • Membantu menurunkan kadar gula darah
  • Membantu menghilangkan berat badan.

3. Teh Hitam

jenis jenis teh hitam
lapaperina.files.wordpress.com

Teh hitam memiliki rasa yang lebih kuat dari pada teh hijau. Kandungan kafein yang tinggi pada teh hitam membuatnya memiliki rasa yang begitu kuat.

Teh hitam sendiri dibuat dari daun tanaman camella sinensis yang digulung, dan difermentasikan lalu dikeringkan dan dihancurkan/dihaluskan.

Teh ini bagus bagi kalian yang memerlukan banyak energi dengan cepat.

4. Teh Putih

teh putih
1.bp.blogspot.com

Teh putih merupakan jenis teh yang diolah dari daun teh muda yang dipetik dan diolah sebelum benar-benar mekar, sehingga cita rasanya sedikit lebih manis.

Jenis teh putih juga merupakan teh yang tidak mengalami proses fermentasi sama sekali, yakni dimana proses pengeringan serta penguapan dilakukan dengan sangat singkat.

Teh putih memiliki kandungan kafein dan antioksidan yang disebut dengan katekin, yang mampu membantu menurunkan berat badan dan memecah lemak dalam tubuh.

Jika dibandingkan dengan jenis teh lain, teh putih ini memiliki jumlah polifenol yang lebih tinggi, serta mempunyai sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Manfaat lain dari teh putih, yakni mempunyai manfaat untuk kesehatan mulut serta mampu membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

“Jenis teh putih juga dikenal sebagai dewa dewinya teh, karena yang diambil hanya dari kuncup daun terbaik dari setiap pohonnya.”

5. Teh Kombucha

teh kombucha
blog.kecipir.com

Teh kombucha merupakan jenis teh hasil dari fermentasi gula, bakteri baik dan jamur (ragi), yang bisa menjadi sumber probiotik yang sangat baik.

Manfaat teh kombucha sendiri dapat membantu membangun kembali mikrobioma usus agar tetap seimbang dan juga memperbaiki kesehatan sistem pencernaan tubuh.

6. Teh Kuning

teh kuning
unsplash

Teh kuning merupakan jenis teh istimewa yang diproses sama seperti teh hijau, akan tetapi dengan fase pengeringan yang lebih lambat, dimana daun teh dibiarkan dan mulai menguning.

Memiliki warna hijau-kekuningan serta mempunyai aroma yang berbeda dari teh putih dan teh hijau.

Aromanya ini hampir sama dengan teh hitam namun yang membedakan yakni dari segi rasanya.

7. Teh Merah (Hibiscus)

teh merah
unplash.com

Teh merah mempunyai rasa asam dan sepat, yang dihasilkan dari bahan bunga rosela. Bunga ini mempunyai warna merah, dari batang sampai bunganya.

Teh hibiscus juga mempunyai khasiat mampu mengurangi resiko darah tinggi.

8. Pu-Erh (Póu Léi Dalam Bahasa Kantonis)

jenis jenis teh
unplash.com

Teh pu-erh terdiri dari dua macam, yakni mentah dan matang. Teh pu-erh mentah dapat langsung digunakan untuk dibuat teh atau juga bisa disimpan beberapa waktu hingga matang.

Selama proses penyimpanan, teh pu-erh mengalami oksidasi mikrobiologi tahap kedua. Jenis teh pu-erh matang dibuat dari daun teh yang mengalami oksidasi secara artifisial supaya menyerupai rasa teh pu-erh mentah yang telah lama disimpan dan mengalami proses penuaan alami.

Teh pu-erh matang dibuat dengan proses mengontrol kelembapan dan temperatur daun teh mirip dengan proses pengomposan.

Teh pu-erh biasanya dijual dalam bentuk padat setelah dipres menjadi seperti halnya batu bata, piring kecil, atau mangkuk.

9. Teh Masala

teh masala
i1.wp.com

Teh masala merupakan teh asal India yang cukup terkenal di berbagai belahan dunia.

Teh ini dibuat dari campuran teh hitam dengan susu dan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, dan kapulaga yang memiliki manfaat untuk menstabilkan tekanan darah, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan daya ingat.

Teh yang berasal dari India ini juga seringkali digunakan sebagai campuran jenis teh lain, seperti teh hijau sehingga khasiatnya juga semakin bertambah.

10. Teh Kuncup Mawar

teh mawar
unsplash.com

Sesuai dengan namanya, teh kuncup mawar merupakan teh yang dibuat dari kuncup bunga mawar yang memiliki aroma mawar yang sangat harum dan rasa yang manis.

Teh ini dibuat dengan diseduh bersama teh jenis lain, teh ini juga mengandung minyak atsiri yang membantu proses sirkulasi di dalam tubuh.

11. Teh Daun Kopi

teh kopi
unsplash.com

Teh daun kopi merupakan jenis minuman yang diolah dari daun kopi, teh dari daun tumbuhan kopi ini memang masih terdengar asing.

Namun teh daun kopi ini, ternyata sudah dikenal di Indonesia. Teh ini  mampu untuk mengobati penyakit kurap, menurunkan hipertensi dan melancarkan saluran pernapasan.

12. Teh Melati

teh melati
medias.infia.co

Teh melati merupakan teh yang dibuat/diramu dengan bunga melati. Minuman ini berasal dari zaman Dinasti Song pada tahun 960-1279 M.

Teh wangi melati memiliki kualitas yang tinggi, yang diproses dengan wangi bunga melati asli yang diserap aromanya hingga layu.

Dalam proses ini dilakukan berulang kali untuk mendapatkan cita rasa melati yang lembut. Namun pada dasarnya teh melati dibuat dengan bahan dasar teh hijau atau teh putih.

13. Teh Herbal

teh herbal
i.ytimg.com

Teh herbal merupakan sebutan untuk ramuan bunga, daun, biji, akar, atau buah kering untuk membuat minuman yang juga disebut teh herbal.

Walaupun disebut “teh”, akan tetapi ramuan atau minuman ini tidak mengandung daun dari tanaman teh.

14. Teh Chamomile

chamomile
healthline.com

Chamomile adalah salah satu bunga yang sering dijadikan salah satu sumber obat herbal yang berkhasiat baik bagi tubuh.

Bunga chamomile sendiri lebih sering dijadikan sebagai minuman teh, dengan cara dikeringkan terlebih dahulu.

15. Teh Yerba Mate

yerba mate
ae01.alicdn.com

Teh yerba mate merupakan minuman herbal yang diseduh dari daun pohon mate (Ilex Paraguariensis).

Teh mate sendiri, merupakan teh yang berasal dari Amerika Serikat. Pohon mati hanya bisa ditemukan di hutan Argentina, Chile, Peru, Brazil, Uruguay, dan paraguay.

Manfaat dari teh yerba mate  ini, mampu membantu untuk meringankan kelelahan fisik dan mental, serta sindrom kelelahan kronis.

Nah itu tadi pembahasan kita tentang jenis-jenis teh yang bisa menjadi referensi kita unuk mencari jenis teh yang kita butuhkan. Ternyata ada banyak sekali jenis teh di Indonesia yang mungkin kita semua belum pernah mencobanya bukan.

Namun sebenarnya masih banyak jenis-jenis teh lain yang belum kita bahas, akan tetapi jenis diatas merupakan jenis yang paling populer di Indonesia saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *