5 Jenis Jenis dan Pengelompokan Warna

4 min read

warna primer

Jenis-jenis warna – Warna memiliki andil yang cukup besar dalam kehidupan kita. Hampir di setiap kegiatan seperti halnya melukis di atas kertas, serta benda yang kita gunakanpun penuh akan warna.

Mulai dari makhluk hidup ataupun benda, semuanya tak lepas akan warna. Benda yang sering kita gunakan juga tak luput dari warna, seperti rumah, baju, perabotan lingkungan dan sebagainya.

Jika di kehidupan ini tidak terdapat warna mungkin kita hanya akan melihat sesuatu dengan hal yang sama. Adapun beberapa jenis warna yang dapat anda simak dalam artikel dibawah ini.

Apa Itu Warna?

jenis jenis warna
unspalsh.com

Warna merupakan spektrum tertentu yang terdapat dalam suatu cahaya yang sempurna (berwarna Putih). Identitas suatu warna ditentukan dari panjang suatu gelombang cahaya.

Dalam seni rupa warna dapat diartikan sebagai pantulan tertentu dalam suatu cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda.

Dalam ilmu warna, hitam dianggap sebagi ketidak hadiran seluruh gelombang warna. Sedangkan putih dianggap sebagai representasi kehadiran dari seluruh gelombang warna, dengan proporsi yang seimbang.

 Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap oleh mata manusia berkisar antara 380 sampai 780 Nanometer.

Jenis-Jenis Warna

jenis jenis warna
unsplash.com

Warna sendiri terbentuk karena adanya pembiasan cahaya wujud Prismatik yang dapat menimbulkan spectrum pelangi.

Berdasarkan klasifikasinya warna terbagi menjadi 5 jenis diantaranya, yaitu:

1. Jenis Jenis Warna Primer

warna primer
pixabay.com

Menurut teori warna pigmen dari Brewster, Warna primer merupakan warna-warna dasar. Artinya warna primer merupakan warna pokok atau warna pertama dari berbagai warna lainnya. warna-warna lain dibentuk dari campuran berbagai warna primer.

Pada dasarnya warna primer bukanlah milik cahaya, tetapi lebih merupakan konsep biologis, yang merupakan respon fisiologis mata manusia terhadap cahaya.

Adapun macam-macam warna primer diantaranya, yaitu:

  • Merah, yang sebenarnya mempunyai nama asli Magenta “Merah semu ungu”
  • Biru, mempunyai nama asli Cyan “Biru semu hijau”
  • Kuning, yang mempunyai nama asli yellow

Percampuran dari 2 warna primer menghasilkan warna sekunder. Sedangkan campuran warna primer dan sekunder menghasilkan warna tersier

2. Jenis Jenis Warna Sekunder

warna sekunder
pixabay.com

Warna sekunder atau warna kedua, merupakan warna yang dihasilkan dari percampuran dua warna primer dalam sebuah ruang anwarna.

Warna sekunder terdiri dari tiga warna, yaitu hijau, ungu dan jingga. Berikut ini merupakan macam-macam warna sekunder, diantaranya:

  • Orange/Jingga (Kuning + Merah)
  • Ungu (Biru + Merah)
  • Hijau (Kuning + Biru)

3. Jenis Jenis Warna Tersier

warna tersier
unsplash.com

Warna tersier atau warna ketiga adalah warna yang dihasilkan dari percampuran antara warna primer dan warna sekunder.

Adapun macam-macam warna tersier, diantaranya:

  • Coklat Kemerahan (Merah + Hijau)
  • Coklat Ungu (Kuning + Ungu)
  • Coklat Biru (Biru + Orange/Jingga)
  • Kuning Orange/Golden Yellow (Kuning + Orenge)
  • Biru Ungu/Indigo (Biru + Ungu)

4. Jenis Jenis Warna Intermediate

warna intermediate
pixabay.com

Warna intermediate (perantara) merupakan warna yang terletak diantara warna primer dan sekunder pada lingkaran warna.

Adapun macam-macam warna intermediate, antara lain:

  • Merah Jingga (Red Orange) yaitu warna yang letaknya diantara warna Merah dan Orange/Jingga
  • Merah Violet (Red Violet) yaitu warna yang terletak diantara Merah dan Ungu/Violet
  • Kuning Jingga (Yellow Orange) yaitu warna yang letaknya diantara kuning dan Jingga/Orange
  • Kuning Hijau (Yellow Green) yaitu warna yang letaknya diantara Kuning dan Hijau
  • Biru Violet (Blue Violet) yaitu warna yang letaknya diantara Biru dan Violet/Ungu
  • Biru Hijau ( Blue Green) yaitu warna yang letaknya diantara biru dan hijau

5. Jenis Jenis Warna Kuarter

warna kuarter
pixabay.com

Warna kuarter merupakan hasil dari percampuran dua warna tersier. Adapun macam-macam warna kuarter, yaitu:

  • Coklat Jingga (Merah tersier + Kuning tersier)
  • Coklat Ungu (Merah tersier + Biru Tersier)
  • Coklat Hijau ( Kuning tersier + Biru tersier)

Pengelompokan Warna

jenis jenis warna
unsplash.com

Selain jenis jenis diatas, warna juga dibedakan dalam beberapa pengelompokan. Berikut beberapa pengelompokkan warna, diantaranya:

1. Warna Netral

warna netral
unsplash.com

Adapun warna netral, yakni warna hitam dan putih, dimana warna ini dapat dipadukan dengan warna apapun. Warna ini mempunyai kesan untuk membuat terang dan lebih gelap pada warna lain.

Secara ilmiah, warna hitam dan putih bukanlah warna, meskipun dapat dihadirkan dalam bentuk pigmen.

2. Warna Kontras atau Komplementer

warna komplementer
pixabay.com

Merupakan Kelompok warna yang berkesan berlawanan atau berhadapan satu sama lainnya dalam lingakaran warna.

Warna kontras atau komplementer bisa diperoleh dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan sekunder.

Contoh dari warna kontras yakni:

  • Merah dengan Hijau
  • Kuning dengan Ungu
  • Biru dengan Jingga

3. Warna Panas

warna panas
unsplash.com

Warna panas, merupakan kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning.

Warna ini mempunyai kesan jarak yang dekat, serta melambangkan suatu simbol, riang, semangat, marah dsb.

4. Warna Dingin

jenis warna dingin
pixabay.com

Warna dingin, merupakan kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu.

Warna ini mempunyai kesan jarak yang jauh, serta melambangkan suatu simbol, kelembutan, nyaman, sejuk dsb.

Adapun bagi kalian yang mempunyai atau memiliki printer sendiri alangkah baiknya jika memilih dulu jenis tinta printer yang diingankan.

Nah setelah kita mengetahui jenis warna tadi tentunya memudahkan kita dalam memilih warna.

Daftar Warna dan Sifatnya

jenis jenis warna
pixabay.com

Selain jenis dan pengelompokan warna diatas, berikut daftar nama warna serta sifatnya juga memiliki:

1. Putih

Warna putih mempunyai kesan suci, ringan, kebebasan dan keterbukaan serta melambangkan cahaya. Putih juga diyakini mempunyai kesan menghilangkan rasa nyeri

2. Abu-abu

Jenis warna abu-abu merupakan perpaduan antara warna hitam dan putih. Abu-abu mempunyai kesan keseriusan, kemandirian, kestabilan dan kesan bertanggung jawab.

2. Hitam

Hitam mempunyai kesan yang elegan, misterius, namun atraktif. Warna ini mempresentasikan rasa percaya diri, kekuatan, dramatis, klasik serta melambangkan maskulinitas.

3. Biru

Jenis warna biru mempunyai kesan luas, stabil, sejuk, dingin dan relaksasi. Biru juga melambangkan suatu hubungan profesionalitas, cerdas, percaya diri, dan menjadi simbol kekuatan.

4. Coklat

Jenis warna coklat mempunyai kesan yang netral, serta identik dengan stabilitas dan kehangatan. Warna coklat juga mampu memberikan kesan kenyamanan, keakraban, serta rasa aman.

5. Emas

Warna ini sering dilambangkan sebagai prestasi, kesuksesan, kemewahan, kemenangan dan juga kemakmuran.

6. Hijau

Warna hijau merupakan warna alam, hijau melambangkan keseimbangan, kesuburan, kesegaran, kedamaian, hingga dapat memberikan efek relaksasi.

7. Kuning

Kuning memberikan kesan ceria, bahagia, energik, dan rasa optimis. Warna ini juga dipercaya dapat merangsang aktivitas pikiran dan mental, bahkan berdampak mampu meningkatkan analisis seseorang.

8. Magenta

Merupakan perpaduan antara warna merah dan ungu. Magenta mempunyai makna keseimbangan, dan mempunyai filosofi perubahan atau transformasi.

9. Merah

Jens warna merah sama halnya dengan warna api, darah, maupun matahari, warna merah kerap diartikan sebagai adrenalin, gairah, serta semangat.

10. Merah Jambu

Merah jambu atau merah muda/pink, merupakan campuran antara warna merah dan putih. Merah jambu sendiri melambangkan cinta dan romantisme, oleh sebab itu sering juga dilambangkan sebagai warna “Cinta”.

11. Jingga atau Orange

Warna jingga mempunyai kemampuan merangsang emosi, dan melambangkan kehangatan, kenyamanan, keceriaan, bahkan optimisme.

12. Perak

Warna perak/silver merupakan sinonim dari warna emas. Jika warna emas berkesan mewah/maskulin,  maka perak/silver mempunyai kesan feminime.

13. Ungu

Warna ungu oleh sebagian orang sering diartikan dengan imajinasi, spritualitas, dan sisi misterius. Oleh sebab itu penggunaan warna ungu dianggap mampu menarik perhatian dan memancarkan kekuatan bahkan mempunyai kesan ambisius, kebijaksanaan dan kemewahan.

14. Tosca

Menurut psikologi warna, tosca atau turquoise memilik makna stabilitas, keseimbangan emosional, ketenangan dan juga kesabaran.

Istilah Warna dan Hubungan antar Jenis Jenis Warna

jenis jenis warnaIstilah lain dalam warna, yaitu nilai warna. Nilai warna ditentukan dari tingkat kecerahan maupun kesuraman suatu warna.

Nilai ini dipengaruhi oleh penambahan unsur warna putih dan hitam. Sedangkan dalam sistem RGB, nilai ini ditentukan oleh penambahan komponen merah, biru dan hijau dalam komposisi yang sama walaupun tidak harus penuh 100 persen.

Teori Brewster adalah teori yang menyederhanakan warna yang ada di alam menjadi empat kelompok. Keempat kelompok tersebut, yaitu warna primer, sekunder, tersier dan warna netral.

Teori ini dikemukakan pertama kali pada tahun 1831. Kelompok warna ini sering kali disusun dalam lingkaran warna brewster.

Lingkaran warna brewster mampu menjelaskan teori kontras warna (komplementer), triad komplementer, split komplementer, dan tetrad.

Nah itu tadi pembahasan kita mengenai pengertian, jenis, macam, dan juga istilah warna. Hampir di setiap unsur yang ada di dunia ini pasti memiliki warna. Demikian pembahasan kita kali ini mengenai warna semoga menjadi refrensi dan juga dapat bermanfaat untuk kita semua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *