Mengenal 5 Jenis Wayang di Indonesia

4 min read

jenis jenis wayang

Ada banyak sekali jenis-jenis wayang di Indonesia. Negara kita kaya akan keseniannya, sebagai warga negara kita seharusnya bangga serta dapat melestarikan kesenian bangsa kita ini.

Nah oleh sebab itu mungkin kita mulai kepedulian kita tentang negara ini dengan mengenali kesenian serta macamnya seni itu sendiri.

Disini penulis akan membagikan pengetahuan kita tentang, Apa aja sih jenis-jenis wayang?

Mari kita simak!

Jenis Jenis Wayang Berdasarkan Pengelompokannya

wayang golek
wikimedia.org

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis wayang yang beragam. Wayang sendiri hadir dalam berbagai bentuk, ukuran serta bahan pembutannya yang bermacam-macam.

Namun terdapat 6 jenis wayang yang populer di Indonesia, diantaranya:

Jenis Wayang Kulit

wayang kulit
wikimedia.org

Wayang kulit merupakan jenis wayang yang terbuat dari kulit hewan. Wayang kulit sendiri sangat populer dan terkenal di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

1. Wayang Purwa/Kulit

jenis jenis wayang
belindomag.nl

Wayang ini mempunyai bentuk pipih serta biasanya terbuat dari kulit kerbau atau kambing, serta lengan dan kakinya bisa digerakkan.

Di daerah Bali dan juga jawa, sering kali pertunjukan wayang kulit menggabungkan cerita-cerita Hindu dan Budha Serta Islam. Selain menceritakan kisah-kisah yang mengandung unsur religius, cerita-cerita rakyat serta mitos juga sering digunakan dalam ceritanya.

  • Wayang Kulit Gagrag Yogyakarta

Wayang kulit gagrag/gaya Yogyakarta merupakan wayang kulit yang secara morfologi mempunyai ciri bentuk, pola tatanan, dan sunggingan (pewaranan) yang khas.

Selain itu juga, dalam pertunjukan wayang kulit gagrag Yogyakarta  juga memiliki uunsur-unsur khas yaitu, lakon wayang (penyajian alur cerita dan maknanya), catur (narasi dan percakapan), karawitan (gendhing, sulukan dan properti panggung).

  • Wayang Kulit Gagrag Banyumasan

Merupakan salah satu gaya pedalangan di tanah Jawa, yang lebih sering dikenal dengan istilah pakeliran, dan berperan sebagai bentuk seni klangenan serta dijadikan wahana untuk mempertahankan nilai etika, devosional dan hiburan, yang kualitasnya terjaga.

2. Wayang Madya

wayang madya
1.bp.blogspot.com

Wayang madya merupakan wayang yang diciptakan oleh K. G. Mangkunegara IV pada abad 18. Wayang ini merupakan perpaduan dari wayang purwa dengan wayang gedog.

Sumber cerita yang diambil, yakni dari cerita pandawa setelah perang Bharatayuda, misalnya Prabu Parikesit.

Akan tetapi belakangan ini wayang madya jarang di tampilkan karena masyarakat sendiri telah mendarah daging serta sudah mengenal wayang purwa (kulit) terlebih dahulu.

3. Wayang Gedog

wayang gedog
wayangku.id

Wayang gedog memiki bentuk yang mirip dengan wayang purwa, namun pada tokoh-tokoh rajanya tidak digunakan gelung supit urang dan tokoh raksasa ataupun kera.

Wayang golek sendiri diciptakan oleh sunan Giri pada tahun 1485. Wayang ini menceritakan Panji, serta menceritakan latar belakang raja-raja kerajaan Jenggala, Kediri, dan juga Singasari.

4. Wayang Dupara

wayang dupara
wikimedia.org

Wayang duapara sendiri diciptakan oleh R. M. Danuatmaja, keponakan Sri Mangkunegara IV dari Solo tahun !894.

Wayang ini menceritakan tentang lakon-lakon dari babad Demak, babad Pajang dan babad Mataram hingga sampai masa perang Dipenogoro (Kartasura).

5. Wayang Suluh

wayang suluh
i0.wp.com

Pementasan wayang sulung tergolong wayang modern, karena biasanya untuk penerangan masyarakat.

Wayang suluh terbuat dari bahan kulit serta diberikan pakaian lengkap seperti halnya manusia. Sementara kisah yang digunakan diambil dari kisah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Pencipta wayang suluh adalah seorang budayawan asal Surakarta R. M. Sutarto Harjowahono pada tahun 1920.

6. Wayang Kancil

wayang kancil
wikipedia.org

Merupakan salah satu jenis wayang kulit yang dibuat oleh Sunan Giri. Wayang ini memiliki figur tokoh binatang berupa binatang buruan, merangkak, merayap, serta binatang terbang dan juga binatang yang termasuk dongeng kancil.

7. Wayang Calonarang/Leyak

wayang calonarang
http://searti.com

Wayang calonarang merupakan wayang khas bali yang sering dianggap angker karena dalam pertunjukannya banyak mengandung nilai-nilai magis serta rahasia pangiwa dan pangenen.

8. Wayang Krucil

wayang krucil
ilmuseni.com

Merupakan kesenian khas dari kabupaten Blora, Jawa Tengah dari bahan kulit dan berukuran kecil sehingga lebih sering disebut sebagai krucil.

9. Wayang Parwa

jenis jenis wayang
wikimedia.org

Wayang parwa merupakan wayang kulit yang paling populer dan terdapat d seluru Bali. Wayang ini memebawakan lakon-lakon yang bersumber dari wiracerita Mahabarata yang juga dikenal sebagai Astha Dasa Parwa.

10. Wayang Gambuh

wayang gabuh
suaramerdeka.com

Merupakan salah satu wayang Bali yang langka, yang melakonkan ceritera Malat, seperti wayang panji yang ada di Jawa.

11. Wayang Beber

wayang beber
wikimedia.org

Wayang beber adalah salah satu wayang tertua di Indonesia. Didalam narasi pertunjukan ini, lembaran gambar panjang dijelaskan oleh seorang dalang.

Selain dari kisah Mahabharata dan Ramayana, wayang beber juga mengunakan kisah-kisah dari cerita rakyat, seperti halnya kisah asmara Panji Asmoro Bangun dan Dewi sekartaji.

Serta banyak lagi jenis-jenis wayang kulit yang lainnya.

Baca juga : Tokoh Wayang Kulit Paling Sakti

Jenis Wayang Bambu

wayang bambu
pesona.travel

Wayang bambu merupakan jenis wayang yang pada dasarnya bahan yang digunakan dalam pembuatan wayang menggunakan bambu.

Wayang Golek Langkung

wayang golek langkung
i.ytimg.com

Wayang golek langkung merupakan wayang yang terbuat dari pring (bambu), serta wayang khas dari kabupaten Jepara.

Jenis Wayang Kayu

jenis jenis wayang kayu
bukalapak.com

Wayang kayu merupakan jenis wayang yang pada dasarnya bahan yang digunakan dalam pembuatan wayang menggunakan kayu.

1. Wayang Golek/Wayang Thengul

wayang golek
123RF.org

Wayang golek merupakan jenis wayang yang terbuat dari kayu serta berbentuk tiga dimensi, serta merupakan wayang yang paling populer di Jawa Barat.

wayang golek sendiri memiliki dua jenis wayang, yaitu wayang golek papak cepak dan wayang golek purwa.

Tetapi yang paling terkenal yakni wayang golek purwa. Wayang ini dikenal karena sering menggunakan kisah yang mengacu pada tradisi Jawa dan Islam, seperti kisah pangeran Panji, Darmawula, dan Amir Hamzah, pamannya Nabi Muhammad a.s.

2. Wayang Menak

wayang menak
rungbanten.desa.id

Wayang menak atau wayang golek menak, merupakan wayang yang mempunyai bentuk seperti boneka kayu, yang diyakini muncul pertama kali di daerah Kudus pada masa pemerintahan Sunan Paku Buwana II.

3. Wayang Klithik

wayang klithik
2.bp.blogspot.com

Wayang klithik merupakan wayang yang terbuat dari kayu, namun bentuknya mirip dengan wayang kulit.

Arti kata Klihtik sendiri berasal dari suara kayu yang bergesekan/bersentuhan pada saat wayang digerakkan atau pada saat adegan perkelahian.

Kisah yang sering digunakan dalam wayang klithik berasal dari kerajaan-kerajaan Jawa Timur. Seperti kerajaan Jenggala, Kediri, dan juga Majapahit.

Cerita yang paling banyak dimainkan serta populer dikalangan masyarakat yakni tentang Damarwulan. Karena cerita ini dipenuhi dengan kisah perseteruan asmara.

4. Wayang Timplong

wayang timplong
i2.wp.com

Wayang timplong adalah wayang yang merupakan kesenian yang berasal dari daerah Nganjuk, Jawa Timur.

Serta banyak juga jenis wayang kayu lain yang berasa dari berbagai daerah lain di Indonesia serta memiliki keunikan tersendiri.

Wayang Orang

jenis jenis wayang orang
gubug-wayang.com

Wayang orang merupakan cerita wayang yang dipentaskan langsung oleh orang atau manusia dengan menggunakan busana seperti halnya wayang.

Wayang ini diciptakan oleh Sultan Hamangkurat I pada tahun 1731. Di Pulau Jawa pentas ini disebut dengan wayang wong (Orang).

Kisah yang sering digunakan yakni Smardahana, Awalnya, wayang di pertunjukkan untuk hiburan para bangsawan, namun kini meyebar menjadi bentuk kesenian populer.

1. Wayang Gung

wayang gung
gubug-wayang.com

Wayang gung merupakan jenis kesenian wayang orang, yang menjadi kesenian orang suku Banjar di Kalimantan selatan.

2. Wayang Topeng

jenis jenis wayang topeng
gubug-wayang.com

Wayang topeng merupakan wayang yang dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng untuk menutupi wajahnya.

Wayang ini biasanya diiringi dengan alunan gamelan serta tari-tarian.

Wayang Rumput

jenis jenis wayang rumput
wiki.com

Wayang rumput merupakan jenis wayang yang pada dasarnya bahan yang digunakan dalam pembuatan wayang menggunakan rumput.

Wayang Suket

jeni jenis wayang suket
purbalingganews.net

Wayang suket atau wayang rumput merupakan bentuk tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput.

Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita perwayangan pada anak-anak di desa-desa Jawa.

Nah itu tadi beberapa jenis wayang yang populer di Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis wayang lain yang tersebar  luas di daerah Indonesia lainnya. Maka dari itu kita sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya menjaga serta melestarikan kesenian khas bangsa kita ini. Agar supaya anak cucu kita nantinya dapat menikmati karya seni yang menakjubkan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *