7 Jenis Tinta Printer Beserta Fungsinya

4 min read

jenis tinta printer

Jika bicara soal kebutuhan percetakan, sangat erat hubungannya dengan tinta yang digunakan untuk mencetak. Tahukah anda bahwa ada banyak jenis tinta printer?

Tinta sendiri banyak di jual dipasaran, namun tidak semuanya memiliki jenis serta fungsi yang sama. Masing-masing jenis tinta memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.

Oleh sebab itu kita harus cermat dalam memilih jenis tinta printer terbaik, yang sesuai dengan kebutuhan percetakan anda, karena tidak semua kebutuhan percetakan menggunakan jenis tinta yang sama.

Apa Itu Tinta?

tinta printer
pixabay.com

Tinta merupakan bahan pewarna yang mengandung pigmen warna yang digunakan untuk mewarnai suatu permukaan.

Tinta serta pena dan pensil, merupakan bahan yang sering digunakan untuk menulis maupun menggambar.

Tinta sendiri merupakan sebuah media yang sangat kompleks, berisikan pelarut, pigmen, celupan, resin dan pelumas, sollubilizer (semacam senyawa yang membentuk ion-ion polimer polar dengan resin tanah air).

Pada dasarnya formula pembuatan tinta bervariasi, tetapi pada umumnya formula tinta terdiri atas:

  • Colorants
  • Vehicles (binders)
  • Additives
  • Carrier substances

Adapun macam-macam tinta pada umumnya terdiri dari 4 macam, yaitu:

  • Aqueous
  • Liquid
  • Paste
  • Powder

Tinta pertama yang dibuat, yaitu tinta organik. Tinta ini digunakan Raja James untuk menulis Alkitab versinya. Bahannya terdiri dari buah beri, cuka dan garam.

Jenis Tinta Printer dan Fungsinya

jenis tinta printer
4.bp.blogspot.com

Tinta, juga merupakan komponen penting dalam dunia digital printing yang tidak dapat ditinggalkan. Printer dan tinta merupakan suatu kesatuan yang tentunya harus saling berdampingan.

Printer sendiri tidak akan dapat digunakan jika tidak ada tinta, dan juga sebaliknya, tinta tidak akan dapat digunakan untuk mencetak jika tidak ada printer.

Jenis tinta printer sendiri berbeda-beda, berbeda jenis tinta printer, maka beda pula fungsi maupun kualitasnya.

Berikut jenis tinta printer berdasarkan fungsi dan jenis formulanya:

1. Jenis Tinta Printer Pigmen (Durabrite)

tinta dubrite
cdn.shopify.com

Tinta durabrite atau tinta printer pigmen, merupakan jenis tinta berkualitas tinggi yang bisa mencetak dokumen dalam bentuk tulisan maupun gambar dengan hasil yang sangat tajam.

Tinta ini mempunyai sifat pekat serta tahan terhadap air, karena dibuat dengan bahan air, colorant pigment, diluen serta komponen lainnya yang membuat tinta durabrite mempunyai kualitas tinggi.

Tinta durabritr sendiri memeiliki beberapa kekurangan. Diantaranya harganya yang mahal serta mudah mengendap dan menyumbat pada printhead cartridge akibat tinta yang mengering pada nozzle head.

Jenis-Jenis Tinta Printer Pigment (Durabrite):

tinta printer dubrite

  • Tinta Printer Pigment Art Paper Ink

Tinta ini merupakan jenis tinta yang cocok jika digunakan untuk percetakan skala kecil ataupun besar, dengan menggunakan kertas ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.

  • Tinta Printer Pigment Art Paper Korea

Merupakan jenis tinta yang mempunyai sifat, anti pudar dan anti luntur walau terkena sinar matahari secara langsung, meskipun dalam jangka waktu yang cukup lama.

Tinta jenis ini cocok jika digunakan untuk usaha photo yang membutuhkan kualitas bagus dan tahan lama walau ditempatkan diluar atau dalam ruangan.

Hasil cetak dari tinta ini lebih halus serta tajam, dan biasanya digunakan pada jenis kertas art paper, photo paper, sticker photo paper, kertas PVS dll.

  • Tinta Printer Pigment Art Paper China

Jenis tinta ini bisa dikatakan sama dengan tinta pigmen art paper china, namun yang membedakan yakni dari hasil cetakanya saja.

Untuk art paper china hasilnya terlihat lebih natural serta warna tidak pudar meskipun terkena sinar matahari dan juga bisa tahan lama.

  • Tinta Pigment Durabrite Fast Print

Jenis tinta ini menggunakan pigment serbuk warna berkulaitas import. Hasil cetaknya mempunyai warna yang lebih tajam, quality management ISO 9001 dan juga telah lolos uji QC test.

Serta mempunyai tingkat stabilitas yang tinggi dan tidak membuat cartridge macet.

Gunakan selalu printer anda secara rutin saat menggunakan jenis Durabrite pigment art paper ini, agar Head printer tidak mengalami kebuntuan.

2. Tinta Printer Dye Base

tinta dye base
tokopuas.com

Tinta dye base merupakan jenis tinta yang terbuat dari bahan air dan colourant, sehingga kemungkinan untul mengendap atau buntu pada printhead catridge semakin kecil.

Tinta jenis ini juga mudah luntur serta warnananya gampang pudar, jika terpapar panas serta cahaya matahari langsung dan juga pengeringan tinta pada media cetak lebih lama.

3. Tinta Sublimation Ink

Tinta ini merupakan tinta yang sering digunakan untuk printer infus, dan umumnya digunakanuntuk mencetak bahan sablonan seperti kaos, pin, mug dan topi.

Jenis tinta sublim lebih tahan terhadap air dan degradasi warna yang lebih kuat, ekonomis dan efisien serta hasil sablon dapat di setrika secara langsung.

Dengan menggunakan metode transfer dan di cetak di atas kertas HVS atau inkjet paper kemudian di head press ke kaos, pin, mug dan juga topi.

Namun penggunaan tinta jenis ini memiliki kekurangan, yaitu resiko tersumbat pada printhead akan lebih besar.

4. Tinta Textile DTG

jenis tinta textile DTG
hygmatic.com

Tinta textile DTG merupakan jenis tinta khusus yang digunakan untuk printer DTG. Tinta jenis ini sangat ramah pada head printer DTG, terutama pada head tipe micro piezzo (jenis head Epson atau Brother).

Hasil cetakan dari tinta ini tergolong tajam, cerah, halus dan tahan luntur. Tinta ini juga bisa mencetak pada semua jenis kain garment seperti kaos, jaket,baju, kain polyester, kain cotton combed dll.

Jenis-Jenis Tinta Textile DTG:

  • Tinta Duppont P5910

Hasil cetak dari tinta jenis ini merupakan yang paling putih dikelas tinta DTG white dibanding dengan merk lainya.

Textile ini, juga merupakan yang paling terpercarya bagi para pengguna printer jenis DTG.

  • Tinta DTG Jerman

Hasil print dari jenis tinta ini, memiliki kualitas yang lebih tajam, lebih tahan lama, dan tidak luntur meskipun di cuci berkali-kali.

Biasanya proses print sering kali dipadukan dengan treathment light (kaos putih) dan juga treathment dark (kaos gelap).

5. Jenis Tinta Printer Solvent

jenis tinta solvent
blibli.com

Tinta solvent merupakan jenis tinta printer yang sangat baik kualitasnya, karena tahan terhadap air dan sinar matahari lebih lama dibansingkan dengan jenis tinta lainnya.

Harga tinta jenis ini relatif sedikit mahal karena kualitasnya yang bagus. Namun kertas ini memiliki bau yang menyengat.

Sehingga sangat disarankan untuk proses percetakan outdoor baik skala besar maupun kecil, agar menggunakan masker untuk mencegah dan meminimalisir kemungkinan bahan kimia yang dapat terhirup.

6. Jenis Tinta Printer Eco Solvent

tinta eco solvent
shopify.com

Jenis tinta ini bisa dibilang hampir sama dengan tinta solvent, hanya saja yang membedakan dari tinta ini yaitu tidak memiliki bau yang menyengat.

Serta tinta ini memiliki karakteristik yang tidak tahan dengan air dan juga sinar matahari, oleh sebab itu tinta eco solvent lebih sering digunakan percetakan indoor saja.

7. Tinta Photo Ultimate Plus UV

tinta printer
unspalsh.com

Tinta jenis ini merupakan jenis tinta yang waterproof atau anti air. Tinta ini dibuat dengan formula khusus yang memiliki keunggulan, yang mampu mempertahankan. ketajaman warna meskipun direndam dalam air selama 72 jam nonstop serta tidak pudar jika terkena sinar matahari.

Nah itu tadi bebrapa jenis tinta untuk printer. Setiap mesin printer memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga tidak semua printer bisa diisi oleh berbagai macam jenis tinta, jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi mesin printer anda terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *