Macam-Macam Simbiosis, Pengertian dan Contohnya

3 min read

simbiosis mutualisme

Pada kesempatan kali ini penulis akan menjelsakan mengenai macam-macam simbiosis serta apa arti simbiosis itu sendiri.

Terdapat banyak interaksi atau simbiosis yang dapat kita jumpai di lingkungan sekitar kita. Namun tahukah kita termasuk simbiosis manakah interaksi yang terjadi di sekitar kita.

Sedangkan simbiosis itu sendiri ada berapa macam sih?

Nah untuk mengetahui jenis-jenis simbiosis beserta penjelasannya mari kita simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Simbiosis

macam macam simbiosisPengertian simbiosis adalah suatu bentuk interaksi atau hubungan antara dua makhluk hidup yang memiliki kelainan jenis.

Makhluk hidup yang melakukan simbiosis umumnya merupakan simbion. Berdasarkan yang diuntungkan atau dirugikannya suatu simbion, jenis-jenis simbiosis dibedakan menjadi tiga, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme.

Simbiosis juga merupakan suatu hubungan atau interaksi yang memiliki beberapa dampak, yakni saling menguntungkan, ada yang untung dan rugi, serta ada juga yang tidak dirugikan dan tidak diuntungkan..

Macam-Macam Simbiosis dan Contohnya

macam macam simbiosisBerdasarkan pengertian di atas simbiosis adalah suatu hubungan atau interaksi. Umumnya simbiosis memiliki 3 jenis simbiosis utama serta 3 lagi merupakan jenis simbiosis tambahan.

Berikut ini macam-macam simbiosis dan artinya, antara lain:

Simbiosis Mutualisme

macam macam simbiosisSimbiosis mutualisme adalah suatu hubungan atau interaksi antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda yang dimana, hubungan tersebut menguntungkan keduanya.

Hubungan ini merupakan bentuk simbiosis yang terbilang sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita.

Berikut ini beberapa contoh simbiosis mutualisme, antara lain:

  • Raflesia arnoldi dan lalat (raflesia dibantu proses penyerbukannya, sedangkan lalat mendapat sari bunga sebagai makanannya).
  • Bunga sepatu dan lebah (keuntungan yang didapat bunga sepatu merasa terbantu proses penyerbukannya, sedangkan lebah mendapatkan nextar/sari bunga sebagai makanan).
  • Bunga dan kupu-kupu (keuntungan keduanya adalah bunga terbantu proses penyerbukannya, sedangkan kupu-kupu mendapat nektar sebagai makanannya).
  • Bakteri rhizobium dan akar tumbuhan kacang-kacangan (keuntungan bakteri adalah mendapat makanan, sedangkan akar tumbuhan kacang-kacangan mendapat nitrogen).
  • Burung jalak dengan kerbau (keuntungan burung jalak adalah dengan mendapat makanan dari kutu kebau, sedangkan kerbau terbebas dari kutu).
  • Ikan badut dan anemon laut (ikan badut sendiri mendapat perlindungan, sedangkan anemon laut mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan badut).

Simbiosis Komensalisme

macam macam simbiosisSimbiosis komensalisme adalah suatu hubungan atau interaksi antara dua makhluk yang berbeda dalam suatu siklus kehidupan, dimana salah satu diuntungkan dan yang satu lagi tidak dirugikan dan tidak diuntungkan.

Berikut ini beberapa contoh simbiosis komensalisme yang sering kita jumpai di lingkungn sekitar kita, antara lain:

  • Ikan remora dan ikan hiu (ikan remora diuntungkan Karena mendapat sisa makanan dari hiu, sedangkan hiu tidak terganggu dengan adanya ikan remora).
  • Ikan remora dengan ikan pari (sama halnya dengan hubungan ikan remora dan hiu, hubungan ini menguntungkan bagi ikan remora dan tidak menggangu bagi ikan pari).
  • Anggrek/tumbuhan paku dengan pohon yang di tumpanginya (tumbuhan paku diuntungkan karena mendapat rumah untuk tempat tinggalnya sedangkan pohon yang ditempelinya tidak dirugikan dengan adanya tumbuhan paku).
  • Tumbuhan dengan serangga (serangga diuntungkan karena mendapat tempat untuk berlindung dari musuh, sedangkan tumbuhan tersebut tidak di rugikan dan tidak terganggu).
  • Tumbuhan sirih dengan tumbuhan inangnya (tumbuhan sirih merambat pada inangnya untuk mendapat sinar matahari, sedangkan inangnya tidak terpengaruh apapun).
  • Ikan goby dengan bulu babi (ikan goby diuntungkan karena menjadikan bulu babi sebagai tempat berlindung, sedangkan bulu babi tidak terpengaruh apapun).
  • Ikan badut dengan anemon laut (ikan badut menjadikan anemon laut sebagai tempat berlindung, sedangkan anemon laut tidak berimbas apapun).

Simbiosis Parasitisme

macam macam simbiosisSimbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua jenis organisme yang berbeda yang mana dalam hubungannya organisme yang satu diuntungkan, sedangkan yang satunya lagi dirugikan.

Keuntungan yang didapat berupa makanan maupun perlindungan, sedangkan bagi pihak inangnya hubungan ini membuat suatu kerugian.

Berikut ini adalah contoh dari simbiosis parasitisme yang umumnya banyak dijumpai, antara lain:

  • Cacing perut dan cacing tambang yang hidup di dalam usus manusia (yang mana cacing cacing tersebut diuntungkan karena akan mengambil sari makanan di usus manusia).
  • Bunga Rafflesia dengan inangnya (yang mana bunga rafflesia mengambil sari-sari makanan dari inangnya, sedangkan inangnya akan dirugikan karena diambil sari makanannya).
  • Tanaman benalu dengan inangnya (yang mana tanaman benalu akan mendapat sari makanan, sedangkan inangnya akan dirugikan karena diambil sari makanannya).
  • Tali putri dengan inangnya (yang mana tali putri menyerap sari makanan yang berupa zat organik sedangkan inangnya akan kekuranga sari makanan karena di serap oleh tali putri).
  • Plasmodium dengan manusia (yang mana kejadiannya sama dengan cacing perut).
  • Taeniasaginata dengan sapi.

Simbiosis Amensalisme

simbiosis amensalismeSimbiosis amensalisme adalah jenis simbiosis yang merupakan kebalikan dari simbiosis komensalisme.

Interaksi atau hubungan ini merugikan salah satu organisme dan yang satunya lagi tidak mengalami dampak apapun dari interaksi ini.

Perbedaan amensalisme dan parasitisme adalah dari interaksi yang dilakukan oleh kedua organisme tersebut yang mana salah satu tidak diuntungkan sedangkan satunya lagi dirugikan.

Berikut ini contoh simbiosis amensalisme, antara lain:

  • Gulma dan Tanaman Produksi.
  • Pohon Pinus dan Tanaman di Sekitarnya.
  • Pohon Walnut dan Tanaman di Sekitarnya.
  • Ganggang Hydrodictyon dan Scenedesmus.

Simbiosis Kompetisi

simbiosis kompetisiSesuai dengan namanya simbiosis ini adalah jenis simbiosis dimana makhluk hidup saling bersaing untuk mempertahankan hidupnya.

Dalam simbiosis kompetisi ini akan terjadi persaingan untuk mendapatkan makanan, tempat, dan juga persaingan untuk mendapatkan betinanya.

Berikut ini contoh simbiosis kompetisi, antara lain:

  • Serigala dan Jaguar.
  • Berbagai Tanaman Tumpang Sari.
  • Harimau dan Singa.
  • Kerbau dan Sapi.

Simbiosis Netralisme

simbiosis netralismeSimbiosis netralisme adalah suatu hubungan atau interaksi antar individu yang saling lepas atau tidak saling memengaruhi yang tidak berakibat apa-apa terhadap kedua makhluk tersebut.

Meskipun mereka hidup saling berdampingan satu sama lain di dalam satu lingkungan hidup, akan tetapi keduanya tidak mendapatkan keuntungan ataupun kerugian sama sekali.

Berikut ini beberapa contoh simbiosis netralisme, antara lain:

  • Gajah dan Jerapah.
  • Kambing dan Kucing.
  • Harimau dan Burung Hantu.

Pada suatu wilayah atau lingkungan padang rumput di sebuah savanna yang luas terdapat berbagai jenis organisme yang hidup saling berdampingan satu sama lain.

Akan tetapi meski hidup saling berdampingan keduanya sama sekali tidak mendapat pengaruh apapun, baik keuntungan maupun suatu bentuk kerugian.

Nah, mungkin sampai disini dulu pembahasan kita kali ini mengenai apa itu simbiosis dan macam-macam simbiosis yang mungkin sering kita jumpai di lingkungan kita sehari-hari. Semoga apa yang disampaikan penulis kali ini dapat bermanfaat dan juga menjadi amal jariyah buat kita semua.

Sekian Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *