PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) Penuh Makna Dan Pelajaran Berharga

4 min read

Unsplash.com

Assalamualaikum Wr Wb, sebelumnya perkenalkan nama saya Ali Jakfar. Saya dari Madura, pulau kecil dengan sejuta warna di Jawa Timur, lebih tepatnya di Kecamatan Sampang. Saya sekolah di SMK Negeri 1 Sampang Jurusan Akuntansi.

Setiap hari saya naik angkot ke sekolah sekitar 20 menit. Karena terminal angkotnya jauh dari sekolah jadi saya masih harus jalan kaki sekitar 10 menit menuju sekolah.

Sebenarnya ada angkot lagi menuju sekolah cuman saya ingin jalan kaki aja sekalian olahraga juga sekalian hemat ongkos hehe.  Ini merupakan pengalaman waktu prakerin saya, jangan bosen bacanya ya.

Saat Kenaikan Kelas

Unsplash.com

Terjadi saat tahun 2014, kira kira pada bulan September sampai April 2015, masa dimana saya sudah naik kelas 3 di salah satu SMK Negeri di daerah Sampang.

Pada waktu itu sistem yang berjalan masih menggunakan sistem yang sama pada Tahun – tahun sebelumnya yaitu prakerin ketika kelas tiga, baru pada tahun berikutnya berganti dimana prakerin di adakan ketika kelas dua.

Pengumuman Penempatan

Unsplash.com

Tepatnya tanggal 9 September diumumkan di mading kelas daftar nama kantor dan juga nama siswa yang akan magang/prakerin di tempat tersebut.

Sukur alhamdulillah saat itu saya di tempatkan di kantor yang lumayan dekat dari tempat pemberhentian saya ketika naik angkot, Jadi saya tidak usah capek – capek lagi berjalan kaki ke kantor tersebut

BAKESBANGPOL (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) mendengar namanya saya langsung berpikir bahwa kantor ini bertugas seperti polisi.

maklum lah saya kan anak desa jadi taunya ya seperti itu.

Hebat dong pikir saya saat tau bahwa tempat magang saya seperti itu, dengan perasaan tak sabar saya menunggu tanggal pemeberangkatan.

Pemberangkatan

Unsplash.com

 

Seminggu setelah pengumaman kami pun berangkat.

Ooo iya ada yang  ketinggalan?. Saya tidak sendiri, saya bersama dua wanita teman sekelas saya Alfia(Al) dan Norma Risya Aprilia(Lia).

Kami pun berangkat bersama dua guru pendamping. Sesampai disana kami pun disambut oleh ibu Sofiyah yang lebih di kenal dengan paggilan Supiyah maklum orang Madura kan gitu, beliau bertugas di bagian keuangan.

Setelah tarjadi obrolan singkat antara guru dan ibu Supiah kami pun di panggil.

Saya kaget setelah tau bahwa guru pendamping kami yang semula saya pikir akan mendampingi kami seharian, ternyata hanya bertugas mengantar kami saja dan setelah itu ditinggal.

Saya kaget karena maklum saya pemalu dan tidak tau apa apa. Ya untungnya saya masih ada teman tidak sendiri.

Hari Pertama Prakerin

Unsplash.com

Di hari pertama kami di perkenalkan satu persatu, mulai dari bidang-bidang dan juga staf yang bertugas.

Kemudian selepas itu kami hanya berdiam diri di ruang tamu kantor, bukannya tidak mau bekerja tapi maklum kami tidak tau apa apa.

Di hari berikutnya ibu supiah langsung membagikan kami masing masing tempat kerja yang berbeda.

Teman saya Al di bagian keuangan bersama bu Supiah dan Lia di bagian pembukuan, sedangkan saya ditempatkan di bagian bidang politik.

Di hari pertama saya di bidang politik hanya di habiskan dengan mainin hp, karena kata salah satu staff nya bilang

“santai aja dulu karena masih hari pertama kan santai aja broo”.

Dihari ketiga tetap sama masih tidak ada kegiatan begitu juga hari keempat kelima dan keenam, baru di hari ketujuh yakni hari senin setelah apel pagi saya di berikan tugas pertama.

Ternyata tugas pertama yang ditunggu hanya di suruh foto copy berkas di seberang jalan lebih tepatnya depan kantor.

yaah dari pada tidak ada kerjaan pikir saya?.

Kemudian setelah itu saya kembali mainin hp aja karena tidak ada pekerjaan bagi saya.

Menjelang Pemilihan Bupati

Antara.com

Di minggu kedua kantor kami mulai sibuk, karena saat itu akan diadakan pemilihan bupati baru di daerah saya, maklum kantor saya bertugas bagian pengawasan mendampingi Banwaslu.

pada saat itu juga saya di perintahkan membuat beberapa surat tembusan, satu minggu itu saya hanya sibuk mengetik dan mengetik, padahal sebelumnya saya belum pernah mengetik.

Tapi untungnya waktunya yang diberikan lumayan lama yakni dua minggu jadi saya masih bisa selesai tepat waktu.

Di minggu ketiga saya di ajak kepala bidang saya untuk menemaninya survey tempat atau juga biasa di sebut Tps di beberapa tempat yang dinilai rawan kecurangan.

Hampir seharian saya berkeliling ke tempat tempat yang berbeda dan juga jauh. Dan bagian paling saya sukai yakni makan makan dong.

Yakni ketika tiba di tiap tempat Tps pasti kami di sambut oleh ketua Tps, ada yang memberikan hidangan makan ada juga yang hanya memberikan camilan makanan ringan, maklum di daerah saya adat lah nomer satu.

Tapi yang saya suka yakni sepulang survey boss saya itu masih mengajak saya makan karena pada saat itu kita pulang sampai malem sekitar jam 9 malam, bukan hanya itu selain mentraktir saya makan pak boss masih memberi saya sedikit uang yakni 50ribu untuk beli pulsa ucapnya.

Hari Pemilihan Bupati Tiba

Sampang.com

Akhirnya hari yang membuat para staff sibuk yakni pencoblosan/pemilihan tiba, di mana kemarin saya diinstruksikan untuk berangkat lebih awal dan menemani salah satu staff untuk survey di tiga tempat Tps.

Kami pun berangkat sekitar jam setangah 8 menuju Tps pertama guna melihat persiapan dan jalanya pemilihan di Tps tersebut begitu juga tps kedua dan juga ketiga.

Kami bertugaas sampai pemilihan selesai dan juga turut mendampingi proses pengiriman kotak suara ke kantor KPU, syukurlah tidak terjadi hal yang tidak diinginkan meskipun ada sedikit masalah tapi tidak terlalu parah hanya masalah kecil yang dapat kami selesaikan.

Kami pun pulang sekitar jam 3 pagi dari lokasi, di keesokan harinya sayapun di berikan jatah libur karena mungkin mengingat saya hanya anak magang. Namun tidak halnya dengan staff lain mereka harus kembali bekerja lagi jam 10 hanya sekitar 6 jam lah buat mereka istrahat.

Setelah pemilihan tersebut saya kembali tidak ada pkerjaan, saya kembali kerutinitas biasa yakni mainin hp. Di bulan berikutnya kami bertiga bertukar posisi karena instruksi dari ibu supiah.

Kerjaan Baru

sampang.com

Di awal bulan ketiga kami bertukar posisi dimana saya berpindah ke bagian pembukuan dan dua teman saya juga mengikuti.

Di bagian pembukuan saya bertugas untuk mencatat surat masuk dan keluar, dan juga mencactat permintaan dari mahasiswa yang meminta tembusan ke kantor kami.

Yakni biasanya mahasiswa yang KKN memerlukan tembusan dari kantor kami untuk melakukan riset.

Hari berlalu kegiatan saya di bagian keuangan hanya itu itu saja.

Terkadang sesekali saya mengantarkan surat ke kantor lain, terkadang juga ketika saya tidak ada kegiatan saya ikut membantu bapak kebun untuk mencuci mobil kantor.

Terkadang juga ketika sopir kantor tidak ada, saya yang di suruh untuk mengisi bahan bakar mobil kantor.

Bulan Kelima

Unsplash.com

Setelah dari pembukuan dua bulan kemudian saya di pindah lagi ke bagian keuangan, di bidang ini saya berfikir bahwa bagian ini paling ribet tapi paling santai.

Tau kenapa, yakni karena bila bicara uang tentunya kita memerlukan fokus lebih jika tidak tetunya kita akan mengalami masalah.

Selain itu bagian keuangan juga bidang yang paling sedikit memiliki kegiatan, karena tentunya hanya mengurus keunagan saja.

Minggu Terakhir Dan Kembali Ke Sekolah

Unsplash.com

Tak terasa sudah 6 bulan saya berada di kantor itu, terasa singkat bagi saya mengingat begitu nyaman dan juga para staff nya baik – baik.

Di hari terakhir kami di perlakukan layaknya keluarga diadakan makan makan, ya meskipun sederhana tapi sangat membuat kami terkesan.

Stelah itu kami pun dipaggil kepala kantor untuk menghadap.

Beliau memberikan ucapan terimakasih kepada kami juga, sekaligus meminta maaf jika ada perkataan maupun perlakuan yang kurang baik.

Beliau juga berbesan jika suata saat ketika lulus kami di persilahkan jika ingin menjadi tenaga Honorer di kantor terasebut.

Dan terakhir beliau memberikan sedikit bingkisan dan juga uang, sebagai tanda terimakasih kantor terhadap kami. Kami juga tidak menyangka jika kami akan di berikan semacamnya ini dan  senang tentunya.

Dan dengan bangga kami pun kembali ke sekolah.

Yaah seperti itulah sedikit cerita tentang perasaan dan kesan saya ketika prakerin.

Senang dan juga bangga karena sudah menjadi bagian dari keluarga besar dari kantor BAKESBANGPO. Terimakasih untuk para staff di dan kepala BAKESBANGPOl.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *