Pengalaman Bekerja Di Alfamart

4 min read

goodnewsfromindonesia.id

Detik demi detik akan dilalaui semua makhluk hidup dan tak akan pernah ada kesempatan untuk kembali ke masa lalu. Beda orang beda cerita, beda waktu beda moment, itu lah hidup yang terus mengejar detiknya. Waktu adalah anugerah pemberian luar biasa dari Tuhan Yang Maha Esa.

Banyak moment kehidupan pengalaman pribadi seseorang yang telah dikerjakan. Mulai dari masa kecil, dewasa hingga masa tua. Sudah banyak moment yang telah saya lalui hingga usia  yang sekarang beranjak 22 tahun ini.

Dalam artikel ini saya akan menceritakan secuil cerita singkat, ya sejenis cerpen pengalaman pribadi dari kehidupan saya ketika bekerja Alfamart.

Kegiatan Di Rumah

Setelah lebih memilih keluar dari dunia penerbangan, saya kemudian memutuskan untuk pulang ke rumah orang tua saya.

Saya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, yakni membantu orang tua saya mengurus sawah mulai dari tanaman padi, sampai tembakau.

Sembari mencari info lowongan pekerjaan, yang mungkin pas dengan kriteria yang saya punya.

Info lowongan Pekerjaan

Sebelumnya saya pernah mendaftar alfamart di di madura 3 tahun lalu, setelah lulus sekolah. Dan juga stelah dua tahun kemudian saya juga mendaftardi surabaya.

Namun pada waktu itu saya belum beruntung, dan juga mungkin belum rejeki saja pikir saya.

Setelah beberapa bulan, saya mendapat info lowongan kerja dari salah seorang teman saya, yang merupakan karyawan Alfamart.

Dia menginfokan bahwa bulan depan Alfamart membutuhkan karayawan baru. Dan akan mengadakan seleksi terbuka di salah satu toko cabang alfamart di Bangkalan.

Tempatnya lumayan jauh dari rumah saya, jaraknya sekitar dua jam naik motor dari rumah.

Tetapi karena saya membutuhkan pekerjaan itu, agar tidak hanya berdiam diri di rumah jadi saya memutuskan untuk mengambil kesempatan tersebut.

Proses Pendaftaran

bangunkelir.blogspot.com

Hari pendaftaranpun tiba, setelah melakukan persiapan melengkapi berkas yang di butuhkan saya berangkat bersama salah seorang teman saya.

Dia juga ingin mendaftar, kami berangkat pagi jam 5 karena takut tidak sampai tepat waktu di sana. Seleksi di laksanakan jam 9 pagi.

Kami sampai sekitar jam 8 lebih, karena lalu lintas pagi itu belum terlalu ramai jadi saya dan teman saya sampai lebih cepat dari perkiraan kami.

Kami pun masuk ke tempat pelaksanaan seleksi tersebut. Dan di sana ternyata sudah puluhan orang yang sudah datang lebih awal dari saya.

Saya sempat berpikirtidak akan lolos waktu itu, karena mungkin terlalu banyak yang mendaftar dan juga saya pernah di tolak di dua kali proses seleksi alfamart lainnya.

Setelah menunggu sekitar satu jam, akhirnya proses seleksi di mulai. Kami masuk dengan harapan besar agar bisa diterima bersama.

Setelah proses seleksi selasai, kami menunggu keputusan hasul seleksi. Dengan hati yang berdebar dan perasaan takut tidak lolos kami saling berdoa.

Akhirnya penguman keluar 30 menit setelah seleksi, dan dengan perasaan senang sekaligus sedih karena teman saya tidak lolos ke tahap selanjutnya.

Akhirnya kami pulang, sembari saya memberi semangat di perjalanan kepada teman saya.

Saya hanya tinggal menunggu telpon dari kantor alfamart di sidoarjo, perihal tanggal keberangkatan untuk tahap seleksi berikutnya dan tahap pelatihan sekaligus penempatan toko.

Pelatihan

arifmashuri.com

Sekitar dua minggu setelah seleksi, saya dapat info bahwa hari senin sudah mulai pelatihan di kantor alfmart.

Saat itu jugadi beritukan bahwa sebaiknya hari minggu sudah berangkat, untuk mencari kos yang akan di tempati selama satu minggu di sekitar area kantor.

Hari minggu pagi saya berangkat menggunakan bus angkutan umum. Karena pada waktu itu saya tidak mempunyai kendaraan sendiri.

Sesampai di Sidoarjo sekitar jam 2 siang, saya langsung mencari tempat kos yang pas di sekitar kantor.

Hari senin pagi saya langsung pergi ke kantor alfamart yang tepat berada di depan kos yang saya tempati. Sekitar 20 orang mengitu proses seleksi sekaligus pelatihan tahap akhir tersebut.

Setelah mengikuti serangkaian proses pelatihan mulai dari pengetahuan dasar, dan juga pekerjaan yang akkan di lakukan selama di toko, tiba masa penempatan dan sekaligus pengumuman siswa yang lolos.

Pengumaman Penempatan Toko

asia.nikkei.com

Di hari sabtu kami menerima pengumaman akhir, yakni nama yang lolos sekaligus toko yang akan di tempati.

Dari 20 orang yang telah mengikuti proses peltihan, satu orang mengundurkan diri dan tiga lainnya dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi kriteria yang di butuhkan. Syukur alhamdulillah saya juga lolos

Saat itu saya di tempatkan di toko Bancaran kabupaten Bangkalan, Madura. Itu sekitar daerah kota, dan untungnya disana juga ada teman smk saya.

Dia juga karyawan alfamart tapi sudah dua tahun, namun di sana dia baru tiga bulan karena di pindah dari toko Sampang.

Berangkat Dan Awal Bekerja

industri.kontan.co.id

Setelah sbelumnya di hari sabtu penguman sekaligus pembagian seragam kerja alfamart. Di hari minggu saya bersiap untuk berangkat dan memulai pekerjaan baru saya.

Kemudian di hari selasa sore saya berangkat, dengan menggunakan angkutan umum saya langsung ke kos teman saya.

Sebelumnya saya sudah menelepon dan menanyakan kepada teman saya, jika sedang mencari kos yang kosong. Dan saat itu di tempat teman saya masih ada satu yang kosong.

Sesampai di kos. Saya langsung membersihkan kasur tidur dan kamar yang sangat kotor maklum kos yang saya tempati terbilang paling murah jadi hanya seadanya.

Pada hari rabunya saya mulai masuk kerja untuk pertama kalinya, yakni masuk ketika shift siang yakni jam 2 siang.

Dengan rasa canggung saya masuk ke toko, dan langsung menemui kepal toko di sana. Saat itu kepala toko disana seorang permpuan yakni Rani Triyani yang biasa saya panggil mbk Rani.

Dia menyambut saya dengan ramah dan mengajarkan saya semua kegiatan yang akan di lakukan saya dengan teliti dan tekun.

Di bulan pertama saya masih kesulitan dalam melakukan pekerjaan dan tugas saya, namun lama kelamaan setelah bebrapa hari berikutnya saya mulai mengerti dan memahami alur pekerjaan yang harus saya lakukan.

Mulai dari menjaga kebersihan toko, menjaga kebersihan makanan mengontrol masa kadaluarsa barang dan lain semacamnya.

Dan di bulan kedua saya mulai di posisikan sebagai kasir, dalam tugas ini sedikit ringan dari segi tenaga namun sangat berat dalam segi ketelitian dan fokus.

Karena mencakup soal uang, maka saya harus lebih berhati – hati dalam melakukan tugas tersebut.

Di toko saya menggunakan tiga shift kerja yakni, pagi siang dan malam. Setiap shift biasnya tiga atau dua orang yang bertugas.

Memutuskan Berhenti

Ketika sudah masuk malam, biasanya saya suka minuman yang mengandung kopi di toko saya kerja, itu juga supaya saya tidak mengantuk saat bekerja.

Terkadang jika masuk shift barengan dengan teman yang akrab dengan saya, kami bergantian untuk tidur selama satu jam satu jam.

Tapi saat kiriman barang dari kantor pusat datang, maka kami harus siap untuk menurunkan dan mengangkat barang yang sebagian lumayan berat.

Biasanya datangnya barang hanya setiap pagi saja, Terkecuali ada kendala.

Setelah empat bulan saya di toko Bancaran kemudian saya di mutasi atau di pindah ke toko lain yakni toko Ayani.

Tidak lama setelah di pindah tempat dua bulan kemudian saya mengundurkan diri dari alfamart.

Itulah singkat cerita tentang bagaimana saya bisa bekerja di alfamart, mulai dari saat pertama bekerja sampai saat terakhir saya bekerja disana.

Terima kasih sudah meluangkan waktu sudah membaca kisah saya, semoga menjadi amal ibadah buat kita semua, dan semoga selalu mendapat lindungan Allah SWT.

Sekian dari saya Wassalamualaikum Wr Wb.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *