11 Teknik Dalam Menggambar Beserta Penjelasannya

5 min read

teknik dalam menggambar

Teknik dalam menggambar – Di dalam mencipatakan suatu karya seni, tentunya kita tidak bisa sembarangan atau asal-asalan bukan?

Begitupun disaat kita akan menciptakan sebuah gambar, tentu perlu sebuah teknik tertentu untuk menggambar. Bukan hanya untuk syarat saja melainkan teknik ini merupakan dasar kita agar memperoleh hasil gambar yang maksimal.

Ada banyak teknik dalam menggambar yang wajib anda ketahui dan pelajari!

Apa sajakah itu?

Mari kita simak artikel kali ini ya...

Teknik Dalam Menggambar

teknik dalam menggabar
vrontalmedia.com

Gambar merupakan suatu hasil karya yang dituangkan dalam sebuah bidang datar seperti kertas maupun kanvas yang di dalamnya mengandung unsur visual seperti titik, garis, bentuk, tekstur, bidang dan juga gelap terang.

Teknik menggambar merupakan suatu cara yang dipakai didalam proses pembuatan sebuah gambar, sehingga dengan adanya teknik menggambar ini mempermudah dan mempercepat pengerjaan dalam menciptakan suatu gambar.

Didalam pembuatannya, gambar juga harus memperhatikan beberapa hal, yaitu seperti perspektif, ketepatan, komposisi, dan proporsi yang pas sehingga bisa menghasilkan sebuah hasil karya yang indah.

Sebuah gambar memiliki berbagai fungsi, antara lain :

  • Sebagai bahasa teknik
  • Sebagai hasil karya seni
  • Sebagai media penyimpanan informasi
  • Serta masih banyak lagi yang lainnya

Berikut beberapa alat dan perlengkapan yang dapat dipersiapkan dalam menggambar, antara lain:

  • Pensil, bolpoin
  • Pensil warna
  • Crayon
  • Kuas
  • Kertas
  • Kanvas Dan sebagainya

Nah berikut ini merupakan beberapa teknik yang umumnya sering digunakan dalam menggambar sesuatu baik itu benda, hewan maupun pemandangan serta gambar lainnya.

1. Teknik Menggambar Sketsa

teknik menggambar sketsa
unplash.com

Teknik ini merupakan bagian paling awal dari hampir semua teknik seni menggambar, dan biasanya sering digunakan untuk dasar atau rencana untuk membuat sebuah gambar.

Proses pembuatan sketsa sangat berpengaruh untuk tahap-tahap selanjutnya dalam proses menggambar serta melukis. Media yang digunakan biasanya media yang kering seperti halnya pensil.

Teknik ini sering kali banyak digunakan oleh para pembuat sketsa rumah atau model rumah yang kemudian dapat dijual dan menjadi suatu karya seni sekaligus bisnis yang sangat menguntungkan.

Dibuatnya sketsa bertujuan untuk meminimalisir kesalahan dalam proses menggambar dan juga membuat bentuk gambar lebih proporsional.

Baca juga artikel terkait seputar desain rumah di: Avantela.com

2. Teknik Pointilis

teknik pointilis
fitriasketchart.files.wordpress.com

Teknik pointilis merupakan teknik dalam menggambar bentuk, yang dilakukan dengan menggunakan titik-titik secara berulang-ulang sampai membentuk suatu objek gambar.

Teknik ini sudah dikembakkan sejak tahun 1880, yang dikembangkan Georges Seurat pada tahun 1886, bercabang dari Impresionisme.

Istilah pointilime merupakan teknik melukis/menggambar yang mana dibuat tersusun atas titik-titik kecil dengan menggunakan berbagai macam warna sehingga membentuk objek gambar.

Teknik ini bisa dibilang sebagai teknik yang unik, karena dalam menggambarkan objek, kita tidak membuat garis utuh seperti halnya dalam teknik lainnya untuk memberikan kedalaman sebuah gambar, melainkan hanya menyusun titik-titik dengan ukuran dan ketebalan yang berbeda.

Dalam teknik pointilis sebagian besar banyak menggunakan cat minyak, namun pada dasarnya semua dapat digunakan, seperti halnya drawing pen.

3. Teknik Garis (Linier)

teknik garis
wikihow.com

Teknik linier sendiri menggunakan garis lurus atau garis lengkung dengan ketebalan dan kerapatan tertentu pada seluruh permukaan objek gambar.

Teknik ini bisa dibilang mirip dengan teknik menggambar arsir. Jika pada teknik arsir dibuat arsiran pada bagian-bagian tertentu saja, seperti pada bagian tepi kanan atau kiri, atas bawah. Maka pada bagian linier kita akan membuat garis-garis.

Jika ingin menggambar menggunakan teknik ini, alangkah baiknya menggunakan penggaris bagi pemula, agar lebih mudah dan gampang.

4. Teknik Dusel (Gosok)

teknik dusel
4.bp.blogspot.com

Teknik dusel atau gosok merupakan teknik menggambar dengan cara menggosok, sehingga menimbulkan kesan gelap terang atau tebal tipis pada sebuah gambar.

Teknik ini menggunakan kapas atau alat-alat khusus yang berupa gulungan kertas (bentuknya mirip pensil), bahkan jari-jari kita sekalipun bisa digunakan sebagai bantuan untuk menggosok gambar yang telah diciptakan.

Teknik menggambar dusel ini merupakan teknik yang cukup sulit, butuh kemampuan khusus serta latihan berulang kali untuk menghasilkan gambar yang baik.

Dalam menggunakan teknik ini, sama halnya kita menciptakan sebuah gradasi warna yang halus. Stroke atau garis akan dihilangkan serta dihaluskan dengan cara digoso-gosok (dusel).

Adapun beberapa alat yang bisa kita gunakan, antara lain:

  • Pensil
  • Krayon
  • Konte

5. Teknik Siluet (Blok)

teknik siluet
i.ytimg.com

Teknik dalam menggambar selanjutnya adalah siluet atau blok. Teknik ini biasanya sering dikenal dengan teknik menggambar bayangan.

Teknik siluet atau blok ini menggunakan satu warna (biasanya hitam) untuk menutup objek gambar sehingga terbentuklah perwujudan karakter pada objek.

Kita sudah dapat menebak wijud sesungguhnya dari objek yang digambarkan, hanya dengan melihat siluetnya.

Teknik siluet sendiri dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Siluet Negatif
teknik siluet negatif
jagatplay.com

Jenis siluet negatif dilakukan dengan memberikan warna di sekitar bentuk yang diinginkan. Teknik ini merupakan kebalikan dari teknik siluet positif.

Jadi misalkan kita menggambar pohon, maka yang diberikan satu warna penuh bukanlah pohonnya tetapi daerah yang ada di sekitar pohon atau latar belakang.

  • Siluet Posistif
teknik siluet positif
2.bp.blogspot.com

Siluet positif dilakukan dengan memberikan warna pada bentuk yang diinginkan. Misalkan kita ingin menggambar pohon, maka kita berikan satu warna penuh pada gambar tersebut.

  • Siluet Campuran
teknik siluet campuran
1.bp.blogspot.com

Siluet campuran merupakan perpaduan dari gambar siluet positif dan negatif yang mana warna hitam dan putih melebur dan saling menutupi.

6. Teknik Arsir

teknik arsir
i.ytimg.com

Teknik menggambar arsir. merupakan teknik dasar dalam menggambar menggunakan pensil. Teknik ini lebih menekankan pada kekuatan (ketebalan) garis.

Kekuatan garis tersebut dapat diciptakan menggunakan pensil, spidol, tinta atau alat gambar lainnya yang dapat menghasilkan garis berulang untuk membuat perbedaan pada kekuatan garis sehingga terciptalah kesan gelap terang, gradasi atau kesan dimensi pada gambar.

Langkah awal yang dilakukan untuk belajar arsir adalah dengan berlatih teknik arsir gradasi untuk membuat satu baris kotak.

Buatlah satu atau lebih kotak dan arsir setiap kotak dengan jenis pensil yang berbeda. Lihatlah perbedaan kesan gelap dan terang yang ditimbulkan dari setiap kotak.

7. Teknik Menggambar Perspektif

teknik perspektif
i.ytimg.com

Teknik ini digunakan untuk tujuan benda yang digambar dengan wajar sesuai dengan pandangan mata kita.

Biasanya menggunakan peletakan garis horizon, letak benda dan jumlah titik hilang. Hasil dari teknik perspektif akan menghasilkan gambar 3 dimensi yang sesuai dengan pandangan mata.

Adapun beberapa jenis teknik perspektif, antara lain:

  • Perspektif Dengan Satu Titik Hilang
teknik dalam menggambar
3.bp.blogspot.com

Gambar ini, merupakan yang menempatkan titik hilang tepat berada di depan mata. Pada umumnya titik hilang akan berada di tengah atau pusat gambar.

  • Perspektif Dengan Dua Titik Hilang
teknik dalam menggambar
3.bp.blogspot.com

Gambar persperktif yang menempatkan kedua titik tersebut pada ujung garis horizontal sisi kanan dan kiri.

Tarikan dari kedua garis tersebut akan menjadi titik temu sisi-sisi bentuk yang akan digambar sehingga kita dapat melihat objek tersebut dari dua perspektif, yakni kanan dan kiri.

  • Perspektif Dengan Tiga Titik Hilang
teknik dalam menggabar
vrontalmedia.com

Pada gambar perspektif ini kita akan mendapatkan objek yang seolah-olah tampak dari atas mirip gambar yang ditangkap oleh cctv yang ditempatkan di atas bangunan.

Dengan demikian, dimensi objek yang akan kita dapatkan lebih luas lagi, atau objek yang terlihat dari bawah seolah kita sedang berada di bawah bangunan.

8. Teknik Aquarel (Sapuan Basah)

teknik dalam menggambar aquarel
id.wikihow.com

Sesuai namanya teknik ini menggunakan media basah untuk menghasilkan warna yang transparan. Biasanya menggunakan media cat air, cat acrylik, dan lain-lain.

Begitupun kertas yang akan dibuat media melukis juga dibuat basah atau lembab supaya cat dapat cepat menyebar.

Dalam menggambar objek menggunakan teknik aquarel dilakukan dengan cara mengulang-ulang dan menumpuk kuasan untuk menghasilkan warna tua.

Teknik ini memerlukan kemampuan khusus dalam penguasaan alat kuas.

9. Teknik Plakat

teknik plakat
berilit.blogspot.com

Teknik yang satu ini menggunakan bahan cat air atau cat poster sebagai bahan unuk menciptakan sebuah gambar. Dengan sapuan warna yang tebal akan dihasilkan gambar yang terlihat pekat dan menutup.

10. Teknik Spray

teknik spray
pendidikan.abi-blog.com

Cara melukis dengan teknik ini menggunakan bahan cair yang kemudian di tempatkan lalu di semprotkan dengan alat sprayer.

Teknik lukisan ini dapat di lakukan dengan cara menyemprotkan cat pada gambar/ lukisan. Teknik ini sering digunakan untuk membuat lukisan yang lebih visual.

11. Teknik Tempra

teknik tempra
wikihow.com

Tempra merukan teknik melukis dengan cara melukis gambar pada sebuah dinding dengan kreasi yang orang tersebut inginkan dan sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan.

Hal ini akan menghasilkan sebuah karya yang mengandung seni arsitektur kesederhanaan yang tinggi.

Nah itu tadi beberapa penjelasan tentang teknik menggambar yang bisa kita pelajari bahkan bisa kita jadikan acuan untuk membuat gambar yang kita inginkan. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan bisa dijadikan referensi untuk kita semua kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *