9+ Tokoh Wayang Berkekuatan Superhero

6 min read

tokoh wayang kulit paling sakti

Tokoh wayang kulit paling sakti – Di jaman teknologi digital seperti sekarang ini, pamor wayang sebagai salah satu hiburan rakyat dan juga sebagai sebuah karya seni telah memudar.

Namun, Jika kamu perhatikan dan baca-baca cerita wayang, berbagai episode dalam perwayangan ceritanya tak kalah menarik dengan film-film superhero mutakhir yang dipenuhi dengan kekuatan-kekuatan supranatural ala Hollywood.

Wayang itu penuh hiruk-pikuk, tak kalah dengan film kolosal, penuh drama layaknya telenovela, penuh intrik seperti panggung politik, dan juga lucu mengocok perut.

Tak percaya? Silakan tanya mbah-mbah kalian.

Selain mempunyai kepribadian yang unik dan tabiat warna-warni, tokoh-tokoh dalam wayang juga memiliki kesaktian seperti superhero.

Tokoh Wayang Paling Kuat Mirip Superhero

tokoh wayang kulit paling sakti
awake777.files.wordpress.com

Tema-tema lakon (cerita) jenis wayang juga banyak menyajikan kisah-kisah tokoh ksatria ideal yang dianugerahi kekuatan dan kemampuan di luar batas manusia biasa, seperti senjata yang sakti mandraguna, kemampuan terbang, hingga menjadi sosok raksasa.

Berikut 10 tokoh wayang yang memiliki kemampuan bak superhero, diantaranya:

1. Rahwana

tokoh wayang kulit paling sakti
wayangku.id

Tokoh wayang kulit paling sakti dalam sejarah pewayangan sendiri adalah Rahwana dan Hanoman.

Rahwana dan Hanoman merupakan tokoh wayang yang paling kuat dalam epos Ramayana. Rahwana sendiri mempunyai wujud asli dengan sepuluh kepala serta dua puluh tangan.

Menurut cerita, jika kepala Rahwana putus, maka aka tumbuh kepala yang baru, sehingga bisa dibilang Rahwana memiliki ke kekelan.

Konon, Rahwana sendiri baru bisa dikalahkan setelah Rama memanah dadanya dengan panah pemberian Brahma.

2. Bima

tokoh wayang kulit paling sakti
wayangku.id

Bima merupakan salah satu dari lima Pandawa, anak dari Prabu Pandu, raja Astinapura dan Dewi Kunti, orang tua dari para Pandawa.

Bima merupakan tokoh wayang yang menjadi insprasi superhero Indonesia, Bima Satria Garuda ini juga dikenal dengan nama Werkudara, Bratasena, Bimasiwi, dan Kusumayuda.

Bima sendiri dalam dunia perwayangan digambarkan sebagai sosok yang memiliki karakter sebagai kesatria ideal.

Sering digambarkan sebagai seorang petarung dengan tubuh tinggi besar, berotot, dan atletis. Sedangkan dalam epos Baratayudha, bima tampil dengan karakter sebagai petarung yang sadis dan brutal ketika berhadapan dengan Kurawa.

Akan tetapi meski memiliki jiwa yang terbilang sadis, namun ia memiliki sifat yang sangat menyayangi keluarga dan banyak berkorban.

Berikut beberapa kekuatan yang dimiliki Bima, antara lain:

  • Bandungbandawasa, yakni kekuatan yang mampu maningkatkan kekuatan fisiknya sampai 100 kali lipat.
  • Blapak Pangantol, yakni kekuatan yang mampu membuat perkasa dalam perkelahian dan perang
  • Ketuklindu, yakni jurus yang mampu membuat guncangan tanah dengan hentakan kaki.
  • Bayubajra, yakni jurus yang bisa menyerang musuh dengan menggunakan kekuatan angin ribut.
  • Pancakenaka (Kuku Bima), yaitu jurus yang mampu membuat senjata pada kuku jari bima yang hebat serta dapat menebas segala apapun.

Bima juga memiliki senjata Gada Rujakpolo dan Bargawa (kapak besar), senjata ini mirip dengan senjata Mjolnir milik tokoh superhero Thor.

Bima sendiri merupakan yang terkuat dari segi fisik diantara lima Pandawa lainnya.

3. Bisma

wayang bisma
wayangku.id

Bisma merupakan anak dari Dewi Gangga dan Prabu Santanu. Bisma merupakan tokoh wayang yang mempunyai keahlian bertarung dan berperang yang tiada tara pada masanya.

Selain itu, bisma juga mendapat anugerah dari para Dewa untuk memilih sendiri waktu kematiannya.

Anugerah itu diberikan sebab Bisma mempunyai sumpah untuk hidup selibat dan tidak memiliki keturunan agar ayahnya dapat menikahi Satyawati.

Di Padang Kurusetra, satu-satunya kelemahan Bisma adalah Srikandi, yang merupakan reinkarnasi dari Amba, putri Kerajaan Kasi yang bersumpah untuk membalas dendam kepada Bisma yang telah menghancurkan kehidupannya.

4. Arjuna

wayang arjuna
wayangku.id

Selain terkenal sebagai tokoh wayang kulit paling sakti, Arjuna juga merupakan tokoh wayang yang terkenal dengan ketampannya dan kemampuannya dalam memikat wanita.

Karakter arjuna sendiri juga banyak dinilai oleh banyak pakar budaya Jawa sebagai tiruan ataupun jelmaan ideal ksatria Jawa.

Arjuna sendiri merupakan adik kandung dari Bima. Arjuna memiliki beberapa nama julukan, seperti halnya Janaka (mempunyai banyak istri), Permadi (tampan), dan Partha (pahlawan perang).

Banyaknya istri yang dimilikinya, merupakan pemberian dari para resi atau pendeta ketika ia telah selesai menuntut ilmu.

Meskipun seorang ksatria, ia memiliki watak dan sifat yang lembut, serta merupakan simbol kelembutan yang  mampu mengalahkan nafsu yang tercermin dari sifat kasar dan brutal.

Arjuna dijuluki sebagai pemanah ulung, yang memiliki mata panah sakti serta mempunyai ajian Naracabala, yang mampu membuat anak panah melipat ganda menjadi banyak.

Senjata panahnya yang paling terkenal adalah panah Ardadedali dan panah Pasopati. Panah Ardadedali memiliki kemampuan mendeteksi gen.

Panah ini tidak akan melukai makhluk yang masih memiliki garis keturunan yang sama dengan Arjuna.

Sementara, panah Pasopati bisa mengenai sasaran dengan tepat. Seolah-olah memiliki sensor seperti rudal balistik. Mungkin kemampuan Arjuna setara dengan Hawkeye dalam sekuel Marvel.

5. Petruk dan Gareng

wayang petruk
wayangku.id

Petruk merupakan ksatria edan yang suka bertarung, suka bepergian kesana-kemari, berpetualang hanya untuk menguji kesaktiannya.

Senjata andalan petruk adalah kapak, namun tanganya juga tidak kalah tajam dari kapak yang dimilikiya.

Tetapi yang unik dari petruk, disaat bertarung dengan lawannya ia selalu mengajak lawannya bercanda dan guyon. Itulah kenapa petruk dijuluki ksatria sableng.

wayang gareng
wayangku.id

Gareng sendiri memiliki nama asli Bambang Sukodadi. Ia memiliki ilmu yang sangat tiggi, bahkan sampai ia merasa bosan karena merasa kesulitan menemukan lawan yang sepadan.

Kemudian ia memutuskan untuk bertapa di Blukutiba, karena merasa jenuh tak kunjung menemukan lawan yang sepadan.

Namun pada saat bertapa, datanglah Petruk yang kemudian menggodanya sehingga menyebabkan Gareng marah.

Kemarahan Garang yang tak terbendung ini menyebabkan mereka berdua akhirnya berkelahi. Saking kuatnya perkelahian mereka menyebabkan alam porak poranda.

Dua orang sakti ini saling hantam, tendak, injak, dan bergumul saling cetot hingga menyebabkan badan mereka juga ikut porak poranda dan berubah dari wujud asliya yang tampan menjadi buruk rupa.

Nah itu sebabnya kenapa bentuk dan wajah serta gambaran petruk dalam wayang saat ini memiliki wajah yang terbilang jelek dan buruk rupa.

6. Hanoman

wayang hanoman
wayangku.id

Hanoman merupakan anak dari Sang Hyang Manikmaya (Batara Guru) dan Dewi Anjani, yang kemudian di asuh oleh Batara Bayu.

Tokoh wayang Hanoman memiliki rupa seperti kera puti dan terkenal memiliki kemampuan setara dewa, serta mampu merubah wujud menjadi raksasa.

Ia juga dianugerahi kehidupan yang kekal oleh Batara Indra dan dapat menentukan kapan waktu kematiannya.

Selain bisa merubah wujud menjadi raksasa anoman juga mempunyai kemampuan untuk berpindah tempat secara cepat, Sepiangin yang mirip dengan tokoh Marvel, Flash.

Hanoman juga mampu menghancurkan apapun dengan kekuatan Aji Mundri miliknya, serta tahan akan api saat dibakar hidup-hidup.

7. Gatotkaca

wayang gatotkaca
wayangku.id

Gatotkaca merupakan jagoan pewayangan yang paling populer dan terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Serta merupakan salah stu tokoh wayang kulit paling sakti.

Gatotkaca sendiri memiliki ciri khas yang sering dikenal, yakni otot kawat tulang besi. Ia memiliki tubuh yang mirip seperti halnya Antarareja namun tidak sekuat Antareja.

Konon, waktu kecil gatotkaca dicemplungkan oleh para sesepuh ke Kawah Candradumukha serta dilebur dengan pusaka dewata.

Itu mengapa gatotkaca mempunyai kekuatan yang sakti mandraguna dengan otot tulang kawat tulang besinya.

Berikut beberapa kekuatan Gatotkaca, antara lain:

  • Narantaka, yakni kekuatan yang kebal terhadap semua ilmu magis atau sihir
  • Basunanda, yakni kekuatan yang kebal serta tahan terhadap suhu panas maupun dingin
  • Brajadenta, kekuatan yang hampir setara dengan Kuku Bima, yakni membuat tulang tinju menjadi lebih panjang sehingga adapat merobek apapun.
  • Brajamusti, yakni pukulan maut yang mampu meluluhlantakan sepuluh gunung dengan sekali pukul.
  • Padakacarma, yakni tendangan maut yang bisa mematikan siapapun lawannya.
  • Kendalivayu, kekuatan yang mampu mengendalikan angin sebagi senjata.

8. Antareja

wayang antareja
wayangku.id

Tokoh wayang Antareja, merupakan tokoh wayang kulit paling sakti di Nusantara, yang setara dengan Rahwana.

Meskipun ia memiliki kesaktian yang tinggi, namun Antareja merupakan sosok yang berbudi pekerti luhur dan baik hati.

Adapun beberapa kekuatan yang dimiliki Antareja, antara lain:

  • Napakawaca, yakni mempunyai tubuh yang kebal terhadap semua jenis senjata.
  • Nagarupa atau Triwikarma, yakni ajian yang mampu merubah tubuhnya menjadi lebih kuat yang bahkan pukulan Gatotkaca sekalipun tidak mempan.
  • Cincin Mangkubumi, merupakan cincin yang mampu membuatnya sehat kembali setelah menyentuh tanah.
  • Memliki racun Visadacara yang mampu melelehkan semua jenis logam.
  • Kendalibumi, yakni jurus yang mampu mengendalikan isi bumi (tanah, air, bumi, udara).

Antareja juga memiliki lidah yang sangat sakti, dimana semua ksatria yang telapak kakinya kena jilat bakal mati.

9. Kresna

wayang krisna
wayangku.id

Kresna merupakan tokoh wayang yang digambarkan sebagai manusia penjaga ketertiban di dunia, di karenakan dia merupakan titisan Batara Wisnu, sang dewa kesejahteraan.

Prabu Kresna merupakan anak dari Prabu Basudewa, raja Mandurapura dan Dewi Mahendra. Sejak kecil dia dipaggil Narayana, dan dikenal sebagai anak yang gemar menunutut ilmu.

Meskipun keturunan seorang raja besar, sejak kecil ia tidak pernah tinggal di Keraton (kerajaan). Justru dia lebih sering bergaul dengan rakyat kecil seperti pedagang dan petani.

Prabu Kresan sendiri memiliki beberapa kekuatan yang dimiliki seorang dewa, yakni diantaranya:

  • Memiliki kemampuan Triwikrama, yakni menjelma menjadi sosok raksasa besar, Brahalasewu (dalam bahasa jawa digambarkan sebagai sosok raksasa yang buruk rupa serta memiliki seribu kepala dan mempunyai banyak tangan yang menggenggam senjata.
  • Memiliki Cakra Baskara, yakni pusaka yang juga dimiliki Batara Wisnu yang merupakan sebuah senjata seperti anak panah yang ujungnya berbentuk roda bergerigi.
  • Cangkok Wijayakusuma, yakni pusaka yang mampu menghidupkan kembali orang yang sudah mati.

10. Wisanggeni dan Antasena

tokoh wayang kulit paling sakti - wisanggeni
wayangku.id

Bambang Wisanggeni merupakan putra dari Arjuna dan seorang wanita cantik bernama Dresanala, Putri Brama.

Akan tetapi Brama menolak anak dari arjuna, dan membuangnya ke kawah Candradhimukha. Dan pada waktu itu dia terkena lahar yang akan membakar tubuhnya.

Namun yang terjadi justru sebaliknya, yakni lahar tersebut seakan menyatu dengan tubuhnya.Ketika itu Narada melihatnya dan melatih Wisanggeni (Racun Api) sampai remaja.

Kekuatan Wisanggeni begitu mengerikan bahkan dia mengalahkan Batara Kala dari dewata Setelah itu dia kembali menemui ayahnya,Arjuna namun ditolak karena Arjuna tidak tahu jika dia Anaknya.

Akhirnya Wisanggeni murka dan melawan serta mengalahkan semua Pandawa, setelah itu Arjuna baru sadar bahwa dia adalah anaknya dari Dresanala.

Pada akhirnya, Arjuna mengakui dan mengurus Wisanggeni. Wisanggeni orangnya sangat serampangan, tempramen, suka bikin rusuh dan onar dimana-mana, secara fisik tampan namun angkuh tapi sebenarnya dia baik dan suka menolong.

tokoh wayang kulit paling sakti - antasena
wayangku.id

Antasena merupakan tokoh wayang yang memiliki Halintangjagat, yakni kemampuan terbang menerobos bumi dan menyelam dengan sangat cepat. Ia juga merupakan sosok yang lugu serta polos, namun teguh dalam pendiriannya.

Adapun kekuatan lain Antasena, diantaranya:

  • Kendaliapas, yakni kekuatan yang mampu mengendalikan air.
  • Kulitpakung, yakni jurus pertahanan tubuh yang tahan terhadap segala senjata yang membuatnya mengeluarkan sisik kulit udang yang mempunyai tubuh keras.
  • Cupu Madunsena, yakni kemampuan mengobati berbagai luka dan penyakit.

Anatsena dan Wisanggeni merupakan teman akrab dan sama-sama sakti mereka tidak mengikuti perang Barathayudha, mereka mati pada saat meletusnya perang Baratayudha.

Nah itu tadi penjelasan tentang beberapa sosok wayang yang memiliki kekuatan super, yang bahkan bisa dibilang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan superhero yang ada di film-film. Cukup dulu sampai disini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *